Resik-resik Pulau Seprapat, Rektor IAIN Kudus: Wujud Sinergi Kampus dan Warga

- Senin, 27 September 2021 | 08:36 WIB
Apel resik-resik di Pulau Seprapat Juwana Pati. (suaramerdeka.com / dok)
Apel resik-resik di Pulau Seprapat Juwana Pati. (suaramerdeka.com / dok)

PATI, suaramerdeka.com - Dalam rangka memperingati Hari bersih-bersih Sedunia (World Cleanup Day), mahasiswa IAIN Kudus bekerja sama dengan Muspika Juwana melaksanakan resik-resik di Pulau Seprapat Juwana Pati pada Jumat, 24 September 2021.

Konsep adanya program ini berawal dari suatu permasalahan yang disampaikan Kepala Kecamatan Juwana yaitu sampah di kecamatan setempat.

Rektor IAIN Kudus menyampaikan bahwa apresiasi kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa IAIN Kudus karena dengan sadar ikut membantu dan membangun masyarakat di wilayah kecamatan Juwana di pulau seprapat dalam rangka bersih desa.

"Ini bagian dari kepedulian masyarakat supaya memiliki lingkungan yang sehat , lingkungan yang bersih dan lingkungan yang rapi. Serta sebagai bagian dari perwujudan pesan hadis annadhofatu minal iman." ujarnya.

Baca Juga: Seperti Jagung, Produktivitas Beras Dapat Ditingkatkan Lewat Benih Padi Hibrida

Mudzakir berharap kegiatan ini bisa menjadi tradisi yang bermanfaat dan sinergi antara kampus dengan masyarakat.

Umu Jauharin Farda, mahasiswa IAIN Kudus selaku koordinator kegiatan menuturkan bahwa mereka membuat program untuk mengurangi sampah di wilayah kecamatan Juwana dengan memfokuskan pada titik di ujung Pulau Seprapat dan Sungai Silugonggo.

Menurutnya di daerah tersebut sering menjadi destinasi bagi masyarakat luar dan serta terdapat makam dari Datuk Lodang yang menjadi destinasi wisata religi bagi masyarakat luar, sehingga memungkinkan terdapat banyaknya tumpukan sampah.

"Jadi, kita terjun ke sana untuk melakukan pembersihan. Untuk tema kerja bakti ini berupa gerakan aksi tanggap mahasiswa peduli lingkungan dari limbah sampah perairan maupun darat dan mencegah bencana dan penyakit dengan slogan ayo selamatkan sungai silugonggo dan ujung pulau seprapat Juwana," katanya.

Baca Juga: PLN Siap Sambut Investor ke Indonesia, Cadangan Daya Listrik Lebih dari 50 Persen

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Pertama

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:45 WIB

Pemilihan Rektor USM: Lima Calon Sampaikan Visi Misi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:24 WIB
X