DKV ISI Surakarta Percantik Taman Balekambang Lewat Redesain Text Sign

- Senin, 27 September 2021 | 10:00 WIB
Taman Balekambang. (suaramerdeka.com / dok)
Taman Balekambang. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Taman Balekambang kini terlihat lebih menarik, yang diperindah dengan instalasi Text Sign.

Desain text sign Taman Balekambang yang terlihat mencolok mata ini dirancang mahasiswa Desain Komunikasi Visual FSRD Institut Seni Indonesia Surakarta.

Desain text sign Taman Balekambang berdasarkan pada aspek kedinamisan (luwes dan langsam) sirkulasi  manusia (pengunjung), ekologi, budaya dan pariwisata yang interaksinya sangat cair, plastis, beriringan dalam sinergi koridor ruang publik yang terpadu.

Menurut Ipung Kurniawan Yunianto. M.Sn menjelaskan bahwa desain text sign tersebut sebagai kontribusi positif Prodi DKV FSRD ISI Surakarta kepada Kota Surakarta pada sektor pariwisata melalui Dinas Pariwisata kota Surakarta.

Baca Juga: DPRD Demak Setujui Raperda Perubahan APBD 2021, Ditetapkan Jadi Perda

"Melalui mata kuliah tersebut difokuskan pada upaya redesain identitas visual ruang publik Kota Surakarta, diantaranya Pasar Depok, Pasar Bambu, Pasar Triwindu, Taman Jayawijaya, Pasar Elpabes, dan komplek Stadion Manahan," kata dia.

Sementara Asmoro Nurhadi Panindias, M.Sn selaku Kaprodi DKV bahwa dengan rancangan ini menekankan bahwa bidang ilmu desain komunikasi visual juga berperan penting dalam kontribusi pembangunan kota, khususnya kota Surakarta. 

Taman Balekambang Surakarta resmi kembali dibuka pada Jumat 1 September 2021 setelah direnovasi tiga bulan pada  akhir 2020. 

Renovasi Taman Balekambang untuk mempercantik serta mempermudah akses pengunjung masuk lokasi.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Pertama

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:45 WIB

Pemilihan Rektor USM: Lima Calon Sampaikan Visi Misi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:24 WIB
X