P2TSI Perluas Kolaborasi Jawab Tantangan Kampus yang Semakin Kompleks

- Kamis, 23 September 2021 | 22:07 WIB
PENANDATANGANAN NASKAH: Ketua P2TSI Sudarman berbicara dalam forum penandatanganan naskah di Kampus ITB Semarang. (sm/dok)
PENANDATANGANAN NASKAH: Ketua P2TSI Sudarman berbicara dalam forum penandatanganan naskah di Kampus ITB Semarang. (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Paguyuban Perguruan Tinggi Swasta Idaman (P2TSI) menyatakan memperkuat jaringan kolaborasi dengan Universitas Merdeka (Unmer) dan Universitas Darul Ulum Islam (Undaris) Ungaran.

"Kolaborasi ini bagian usaha menjawab tantangan di dunia pendidikan tinggi yang semakin kompleks. Selain itu juga menyongsong kehadiran era merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)," tutur Ketua Dewan Pembina P2TSI Prof Dr Y Sutomo.

Adapun penadatanganan naskah kesepakatan untuk memperkuat kolaborasi berlangsung di kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang. Forum ini juga mengundang Ketua Paguyuban P2TSI, yang juga Wakil Rektor II ITB Semarang, Dr Sudarman.

Baca Juga: Endhas Gundhul Dikepeti

"Saya sekaligus mengucapkan selamat bergabung untuk Unmer dan Undaris yang kini menjadi anggota paguyuban PTS Idaman (Inovatif dan Manajemennya Mantap), dengan motto Kekeluargaan, Kebersamaan & Persaudaraan,'' jelas Y Sutomo, yang merupakan Rektor ITB Semarang.

Ditegaskannya kampus tidak akan bisa lepas dari kebijakan MBKM Kemendikburistek dewasa ini. Selain karena program itu bertujuan bagus, pada prakteknya sangat membantu mahasiswa.

Kendati demikian kebijakan MBKM menuntut pimpinan perguruan tinggi harus memiliki strategi yang jitu dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran.

Muaranya mahasiswa akan merasa terfasilitasi baik dalam menempuh perkuliahan di PTS lain serta di dunia usaha dan dunia industri atau kuliah di program studi kampus asal.

Sudarman menjelaskan kerja sama tidak sebatas untuk dunia usaha dan industri melainkan butuh mendapat dukungan sesama PTS.

Baca Juga: Dua Guru SD Muhammadiyah Plus Salatiga Raih Juara Lomba Video Pendek

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Menuju 40 Tahun, UWM Miliki Kampus Baru

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Teliti Respons Perundungan, Argo Raih Doktor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:49 WIB
X