Festival Musikalisasi Puisi Jawa Tengah: SMA Negeri 4 Surakarta Jadi Penampil Terbaik I 

- Senin, 20 September 2021 | 08:24 WIB
Tim musikalisasi puisi SMA Negeri 4 Surakarta menerima piala, sertifikat, dan uang pembinaan dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah.(suaramerdeka.com / dok)
Tim musikalisasi puisi SMA Negeri 4 Surakarta menerima piala, sertifikat, dan uang pembinaan dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah.(suaramerdeka.com / dok)

KUDUS, suaramerdeka.com - SMA Negeri 4 Surakarta menjadi penampil terbaik I dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK Jawa Tengah.

Babak final kegiatan yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah digelar di Hotel Griptha, Kudus, pada Minggu, 19 September 2021.

Enam finalis lolos ke final setelah melalui penjurian babak penyisihan yang diselenggarakan secara virtual pada Juni lalu.  

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah, mengatakan Festival Musikalisasi Puisi ini bertujuan mewadahi kreativitas pelajar di Jawa Tengah dalam rangka memusikalisasikan puisi, khususnya karya penyair Jawa Tengah.

Baca Juga: Udinus Jawab Permasalahan Pandemi Melalui Konferensi Penelti iSemantic 2021

Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan melahirkan seniman, sastrawan, atau musikus baru yang dapat mengharumkan nama Jawa Tengah.

“Semua peserta yang masuk finalis sejatinya sudah menjadi juara karena telah menampilkan yang terbaik,” ujar Ganjar saat penutupan Babak Final Festival Musikalisasi Puisi di Hotel Griptha, Kudus, Minggu 19 September 2021.

Ganjar menambahkan, pada babak final kali ini finalis membawakan puisi wajib berjudul “Perahu Rindu” karya Dian Rusdiana.

Selain itu, finalis juga memilih satu puisi untuk dimusikalisasikan, yakni “Saat Datang Malam” karya Irna Novi Damayanti, “Kepadamu” karya Emi Suy, “Mengikat Mimpi” karya Nadjib Kertapati, “Bulan di Atas Pagar” karya Umi Kulsum, “Purnama Tenggelam” karya Ayi Jufridar, atau “Serenade Biru” karya Ratna Ayu Budhiarti.

Baca Juga: 5.000 Siswa SD – SMP di Blora Terima Bantuan PIP

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterima Menjadi P3K, Guru Honorer Sujud Syukur

Jumat, 8 Oktober 2021 | 23:05 WIB

SMP IT Harapan Bunda Sabet Juara Lomba Tartil Alquran

Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:04 WIB
X