Teori Karakter Terian Antarkan Ranang Agung Sugihartono Jadi Doktor Seni Pertama ISI Surakarta

- Sabtu, 18 September 2021 | 13:12 WIB
Ranang Agung Sugihartono saat mengikui ujian promosi doktor program pasca sarjana ISI Surakarta. (suaramerdeka.com / dok)
Ranang Agung Sugihartono saat mengikui ujian promosi doktor program pasca sarjana ISI Surakarta. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - ISI Surakarta melahirkan doktor seni pertama yang menggunakan penelitian artistik (artistic research) dalam disertasinya, yaitu Ranang Agung Sugihartono.

Disertasi Ranang berjudul Karakter Animasi Teriantrofis : Transformasi Esensi Teriantrofis Patung dan Relief Garuda.

Jenis penelitian artistik ini belum lazim digunakan di Indonesia, namun di luar negeri merupakan penelitian untuk jenjang doktoral.

Hasil penelitian artistik ini, tidak hanya menghasilkan karya seni berupa prototipe desain karakter animasi, namun juga menghasilkan teori atau konsep tentang desain karakter sebagai pengetahuan baru dalam dunia animasi.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Pesantren Manfaatkan KUR untuk Mandiri dan Berjiwa Usaha

“Karakter Teriantrofis merupakan desain karakter animasi yang memadukan unsur manusia dan hewan dengan mentransformasikan bagian tubuh hewan yang khas dan mencerminkan genetisnya untuk merepresentasikan kekuatan super,” ujar Ranang

Ranang menamainya dengan istilah ‘Karakter Ras Terian (KRT)’.

Jadi, segala jenis desain karakter animasi yang perwujudannya berbentuk perpaduan manusia dan hewan, disebutnya sebagai Karakter Ras Terian. Kata “Ras” merupakan kepanjangan dari nama penelitinya, Ranang Agung Sugihartono.

Penelitian artistik tersebut melibatkan praktisi animasi baik penulis naskah, desainer karakter, maupun 3D modeler dari Solo, Malang, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Baca Juga: Ditlantas Polda Jateng Sediakan 28.300 Vaksin untuk Pengemudi Angkutan dan Ojol di Semarang: Antusias Tinggi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menuju 40 Tahun, UWM Miliki Kampus Baru

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Teliti Respons Perundungan, Argo Raih Doktor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:49 WIB
X