Mudahkan Pelaku UMKM Tata Kelola Keuanagn, Tim Pengabdian FE Unnes Ciptakan Aplikasi Khusus

- Sabtu, 18 September 2021 | 11:55 WIB
Tim Pengabdian FE Unnes memberikan pelatihan terkait sistem keuangan terintegrasi UMKM di Sentra Batik Talangsari Kota Semarang. (suaramerdeka.com / dok)
Tim Pengabdian FE Unnes memberikan pelatihan terkait sistem keuangan terintegrasi UMKM di Sentra Batik Talangsari Kota Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim pengabdian Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menciptakan apliksi khusus untuk mempermudah pelaku UMKM, terutama dalam hal tata kelola/manajemen keuangan.

Ketua tim pengabdian, Dr Margunani menyatakan, aplikasi yang dinamai Sistem Aplikasi Keuangan Terintegrasi UMKM (Silarum) ini dapat memberikan akses kemudahan bagi pelaku UMKM dalam pencatatan laporan keuangan secara lengkap.

Pihaknya berharap aplikasi ini juga memberikan kontribusi pengetahuan akuntansi dengan cepat dan mudah sehingga bermanfaat bagi para pelaku usaha UMKM.

"Termasuk untuk melakukan pembukuan digital, walaupun tidak mempunyai dasar pengetahuan akuntansi. Ini sekaligus salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat," ujarnya, Sabtu, 18 September 2021.

Baca Juga: Kunker ke Solo, Menteri PPN Pantau Vaksinasi dan Sambangi UMKM

Selain Margunani, tim pengabdian ini beranggotakan Dr (Cand) Wulan Suci Rachmadani, Dwi Puji Astuti MPd dan Moch Faizal Rachmadi SPd.

Adapun pengenalan aplikasi sekaligus pelatihan dilaksanakan di Sentra Batik Talangsari Kota Semarang secara luring dan terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pakar Bidang Kewirausahaan dan Koperasi tersebut menilai, keuangan merupakan salah satu aspek keberhasilan dari pelaku usaha. Nilai grafik keuangan yang cenderung stabil dan meningkat merupakan salah satu ciri manajemen sistem keuangan sudah optimal.

"Perlu adanya tata kelola/manajemen keuangan yang baik, melakukan proses pencatatan/pembukuan dengan kontinu atau berkesinambungan. Sehingga diperoleh hasil atau laba yang maksimal," ungkapnya.

Baca Juga: Peredaran Rokok Ilegal Masih Marak, Masyarakat Demak Diajak untuk Menghentikan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Pertama

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:45 WIB
X