Mahasiswa UGM Manfaatkan Limbah Organik Pasar Jadi Media Tumbuh Bakteri Asam Laktat

- Rabu, 15 September 2021 | 17:34 WIB
Salah satu anggota tim PKM-RE UGM bergelut di laboratorium dalam upaya mengembangkan media alternatif pertumbuhan asam laktat yang memanfaatkan limbah organik pasar (sayur dan buah). (sm/dok)
Salah satu anggota tim PKM-RE UGM bergelut di laboratorium dalam upaya mengembangkan media alternatif pertumbuhan asam laktat yang memanfaatkan limbah organik pasar (sayur dan buah). (sm/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Berangkat dari mahalnya harga medium komersial dan belum maksimalnya pengolahan sampah organik.

Empat mahasiswa UGM mengembangkan media alternatif pertumbuhan bakteri asam laktat yang memanfaatkan limbah organik pasar (sayur dan buah).

Pengembangan yang dilakukan ini pun lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-RE) tahun 2021 yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Keempat mahasiswa ini adalah Sinarya (Biologi, 2018) dan Vera Nurohmah Indrawati (Biologi, 2018).

Kemudian Damar Pinuju (Biologi, 2019) dan Maureenayu Rachmadyani Suwastono (Biologi, 2019). Keempatnya mendapat bimbingan langsung dari Dr Miftahul Ilmi SSi MSi.

Baca Juga: Pemanah Jitu Andalan Marvel “Hawkeye”, Akhirnya Miliki Storyline Sendiri

Ketua Tim, Sinarya mengatakan, penelitiannya berangkat dari latar belakang masih mahalnya biaya produksi inokulum BAL (bakteri penghasil asam laktat) yang menggunakan medium kompersial, seperti medium MRS (deManRogosaSharpe). Hal ini memberatkan industri skala kecil.

“Mahalnya medium komersial ini bersumber dari bahan dasar pembuat medium yang juga mahal,” ujarnya, kemarin.

Dia menuturkan, saat ini golongan bakteri penghasil asam laktat (BAL) seperti Lactobacillus sp, Leuconostoc sp, dan Pediococcus sp banyak digunakan dalam berbagai bidang, salah satu bidang industri.

Di samping itu, penggunaan asam laktat dalam berbagai industri untuk obat-obatan, makanan, dan minuman di negara berkembang seperti India, Cina, dan Indonesia juga diperkirakan akan terus meningkat.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Dapat Bantuan Dana Abadi, UGM Beri Beasiswa Mahasiswa

Sabtu, 18 September 2021 | 13:52 WIB

Dosen Polines Jadi Ketua Persatuan Insinyur Jateng

Kamis, 16 September 2021 | 22:56 WIB

Dosen Unnes Kenalkan Konsep Green Economy

Rabu, 15 September 2021 | 19:16 WIB
X