Ilmu Berubah Cepat, Presiden Ingatkan Pentingnya Kemampuan Adaptasi Dunia Pendidikan

- Selasa, 14 September 2021 | 19:33 WIB
Presiden Jokowi. (foto: pikiran rakyat)
Presiden Jokowi. (foto: pikiran rakyat)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden RI Joko Widodo mengingatkan pentingnya kemampuan beradaptasi dalam dunia pendidikan karena ilmu pengetahuan saat ini mengalami perubahan sangat cepat.

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin 13 September 2021.

"Sekali lagi karena ilmu sekarang ini cepat berubah. Sekarang mungkin bapak ibu sekalian memberikan kuliah, mata kuliah mengenai A, semester depan mungkin sudah enggak relevan lagi ilmu A ini, apalagi yang diajarkan masih ilmu-ilmu 20 tahun yang lalu," ujar Presiden, baru-baru ini.

Kepala Negara harus menyampaikan apa adanya bahwa ilmu pengetahuan cepat mengalami perubahan, bahkan dalam hitungan hari.

Baca Juga: PTM Digelar, Nadiem: Sekolah di Wilayah PPKM Level 1-3 Jangan Ragu

"Harian saja berubah, kok. Semester ini diajarkan A, nanti semester berikut kita akan ajarkan A, sudah mungkin besok sudah usang. Hati-hati mengenai ini," katanya mengingatkan,

Oleh sebab itu, kata Presiden, kemampuan untuk adaptasi belajar terhadap disrupsi dan ketidakpastian wajib diperhatikan oleh semua pihak, baik para rektor, dosen, maupun mahasiswa.

"Kemampuan untuk adaptasi belajar terhadap disrupsi terhadap ketidakpastian, ini harus, ini wajib, untuk kita semuanya," ucapnya.

Baca Juga: Tahapan Pemilu Dimulai, Golkar Jateng Cari 260 Ribu Saksi TPS Desember Ini

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sutarno Dilantik Jadi Ketua IPI Kudus

Minggu, 12 September 2021 | 20:09 WIB

Budaya Tauhid Diterapkan Dukung Kinerja Organisasi

Jumat, 20 Agustus 2021 | 20:58 WIB
X