Terjun KKN, Mahasiswa Unnes Fokus Promosikan Batik

- Senin, 13 September 2021 | 15:08 WIB
TINJAU SENTRA BATIK : Tim Pengabdian Pusbang KKN Unnes saat meninjau sentra produksi batik di Desa Wisata Bergas Kidul, Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
TINJAU SENTRA BATIK : Tim Pengabdian Pusbang KKN Unnes saat meninjau sentra produksi batik di Desa Wisata Bergas Kidul, Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Pusbang KKN Universitas Negeri Semarang (Unnes) bersiap menerjunkan dua belas mahasiswa peserta KKN Kemitraan 2021 untuk mengembangkan inovasi pemasaran dan promosi batik di desa wisata Bergas Kidul, Kabupaten Semarang.

Promosi batik tersebut rencananya meliputi branding produk di instagram, pengadaan akun penjualan batik platform belanja daring, dan desain pengemasan.

"Setelah kami melakukan survei dan meminta saran kepada dosen pembimbing, sentra produksi batik ini akan menjadi salah satu fokus utama dalam program KKN kami," kata ketua Tim KKN Kemitraan, Nyoto Ribowo, Senin 13 September 2021.

Ketua Tim pengabdian Pusbang KKN, Amidi mengemukakan, produk kain batik dapat menjadi kekhasan di desa wisata setempat. Pihaknya berharap, dengan diterjunkannya tim KKN Kemitraan di Desa Bergas Kidul ini, promosi dan pemasaran menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Joko Widodo Ternyata Ketahuan Ikut Vaksinasi di Klaten

Menurutnya, selain bisa menjadi ciri khas, sentra produksi batik tersebut apabila dikembangkan dengan baik dapat meningkatkan perekonomian dan menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Saat ini terdapat lima orang pembatik yang memproduksi, baik batik tulis maupun cap.

"Pada produksi batik tulis ada dua orang yang bertugas untuk menggambar pola dasar pada kain. Setelah pola dasar terbentuk, tiga orang lain bertugas menimpa pola tersebut menggunakan lilin malam yang dilelehkan," ujarnya.

Sementara itu, Kiswanto, Ketua Unit Wisata Desa Bergas Kidul, mengapresiasi rencana kegiatan promosi batik tersebut. Ia berharap segala proses pelaksanaannya berjalan lancar dan mendatangkan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X