FSM Undip Lirik Karimunjawa jadi Kawasan Riset Berbasis Lingkungan

- Sabtu, 11 September 2021 | 16:28 WIB
 PERTEMUAN: Tim dosen Undip diketuai Guru Besar Sapto P Putro menggelar pertemuan dengan pemangku kepentingan di Kepulauan Karimunjawa, Sabtu 11 September 2021 pagi. (Suaramerdeka.com dok)
PERTEMUAN: Tim dosen Undip diketuai Guru Besar Sapto P Putro menggelar pertemuan dengan pemangku kepentingan di Kepulauan Karimunjawa, Sabtu 11 September 2021 pagi. (Suaramerdeka.com dok)

 

JEPARA, suaramerdeka.com - Fakultas Sains Matematika (FSM) Undip melirik kawasan Karimunjawa Jepara sebagai kawasan riset terpadu berbasis lingkungan dan pelestarian alam. Tak kurang dosen dan mahasiswa Undip mulai mengunjungi kepulauan yang dikenal elok keindahan alamnya ini.

Menurut Guru Besar FSM Undip Prof Sapto Purnomo Putro PHD Sabtu 11 September 2021 pihaknya berkolaborasi dengan mitra PT Rekayasa Agromarin Indonesia (RAI), mulai Jumat 10 September 2021 menerjunkan mahasiswa ke kawasan yang dijuluki intan permatanya Jateng itu.

“Sebagai rangkaian kegiatan Matching Fund (MF) Kedaireka Kemendikbudristek, FSM Undip bersama mitra melaksanakan penerjunan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program akselerasi implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga: 500 Ribu Vaksin Johnson & Johnson Tiba di Indonesia, Cukup 1 Suntikan, Sasar Usia 18 Tahun ke Atas

Aktivitas ini dikonversikan menjadi beberapa kegiatan akademik antara lain KKN tematik, tugas akhir, kerja praktek, dan mata kuliah yang relevan,”kata dia. Selain itu ke depan turut diperkuat adanya riset kampus yang membawa nilai manfaat tinggi untuk masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan awal ini meliputi koordinasi bersama mitra Pokdakan Lody Karimunjawa sebagai penerima manfaat. Lalu juga koordinasi dengan Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa, dan Kepala Desa Karimunjawa beserta perangkat.

Selanjutnya mahasiswa dilibatkan dalam pemantauan kualitas air dan sedimen, data karakteristik hidrodinamika air dan geospasial.

Baca Juga: Pertandingan Kedua Liga 1, PSIS Siap Hadapi Persija

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X