Undip- Toyota Cetak SDM Unggul, Hadapi Kompetisi Era Industri 4.0, ‘Green Economy’, hingga Elektrifikasi

- Jumat, 10 September 2021 | 16:41 WIB
 KERJASAMA TOYOTA-UNDIP: Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono ( tiga dari kiri) bersama Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama melakukan penandatanganan nota kesepahaman (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)
KERJASAMA TOYOTA-UNDIP: Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono ( tiga dari kiri) bersama Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama melakukan penandatanganan nota kesepahaman (suaramerdeka.com/Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Industri otomotif nasional PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dalam mencetak lulusan ahli yang cepat beradaptasi dan inovatif dalam menghadapi Kompetisi Era Industri 4.0, ‘Green Economy’, hingga Elektrifikasi yang menjadi tantangan di masa depan.

Penandatanganan nota kesepahaman antara kedua institusi tersebut dilakukan oleh Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono di Dekanat Fakultas Teknik Undip Tembalang Semarang, Kamis (9/9).

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan Toyota turut berpartisipasi aktif sebagai jembatan pengembangan potensi SDM nasional, berkolaborasi bersama Universitas Diponegoro (UNDIP) melaksanakan Penandatanganan MoU Kerjasama Pengembangan Program ‘Sinergi Perguruan Tinggi dan Industri” yang terdiri dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Kontribusi Sosial. Penandatangan kerjasama ini diharapkan dapat menguatkan kontribusi Perguruan Tinggi sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi.

“ Sinergi elemen pendidikan dan pelaku industri melalui Program Sinergi Perguruan Tinggi dan Industri ini diharapkan dapat mendukung transformasi perguruan tinggi untuk mencetak lebih banyak lulusan ahli yang cepat beradaptasi dan inovatif dalam menghadapi Kompetisi Era Industri 4.0, ‘Green Economy’, hingga Elektrifikasi yang menjadi tantangan di masa depan,” ungkapnya.

Baca Juga: Sempat Bingung Dikabarkan Sakit, Megawati: Alhamdulillah, Saya Sehat Walafiat

Menurutnya pada era transformasi teknologi terdapat tantangan agresif pada generasi medatang. Untuk itu, lulusan Undip diharapkan tidak hanya memiliki hard skills, tetapi juga soft skills, seperti integritas dan komunikasi yang baik.

“ Pintar penting, namun memiliki 'value' itu sangat penting," jelasnya.

Dalam kerja sama tersebut, Toyota Motor Manufacturing Indonesia berkomitmen mendukung pengadaan laboratorium yang terintegrasi ang kedepannya dapat dimanfaatkan seluruh disiplin ilmu di Fakultas Teknik Undip.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia juga terbuka menerima mahasiswa Undip untuk magang kerja guna menambah pengetahuan dan pengalaman kerja.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X