Guru di Ungaran Dikenalkan Budaya Lokal Tari Semarangan Lewat Media Pembelajaran

- Kamis, 9 September 2021 | 13:10 WIB
Tim Pengabdian Masyarakat Unnes mendampingi guru-guru SD di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com /dok)
Tim Pengabdian Masyarakat Unnes mendampingi guru-guru SD di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com /dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang (Unnes) memperkenalkan budaya lokal Tari Semarangan kepada sejumlah guru di Ungaran, belum lama ini.

Ketua Pengabdian Masyarakat Unnes, Atip Nurharini menuturkan, kesadaran budaya lokal Tari Semarangan perlu dikenalkan pada guru dan siswa.

Berhubung masih pandemi, pengenalan budaya lokal ini dikemas melalui media pembelajaran berbasis android.

Pihaknya mengajak guru untuk mencintai budaya lokal, melestarikan dan mengembangkannya melalui media pembelajaran yang menarik, dan inovatif.

Baca Juga: Pengesahan UU P2APBN 2020, Menkeu Sebut Bentuk Akuntabilitas Pengelolaan APBN

''Untuk mengenalkan tari budaya lokal Semarangan dalam kegiatan pembelajaran, kreativitas guru harus tetap berjalan dan ditingkatkan secara lebih luas dan inovatif,” ujar Atip Nurharini yang juga mengajar di kampus PGSD unnes.

Dalam program pendampingan ini, Tim pengabdian telah berhasil mengenalkan tari Semarangan yang dikemas dalam media pembelajaran melalui adroid dengan aplikasi Kodular.

Dikatakannya, program pendampingan bertujuan agar guru-guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran melalui media online dengan lancar dan berhasil sesuai dengan tujuan dan jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Baca Juga: Soundtrack 'Street Woman Fighter' Mirip Suara Adzan, Mnet Minta Maaf

''Pelatihan media pembelajaran berbasis android sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam kegiatan pembelajaran budaya lokal di Semarang,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X