Kedepankan Literasi, Tim KKN IAIN Kudus Desa Colo Kembangkan STEAM Village

- Kamis, 9 September 2021 | 12:40 WIB
Kelompok KKN-IK IAIN Kudus Kelompok Desa Colo. (suaramerdeka.com / dok)
Kelompok KKN-IK IAIN Kudus Kelompok Desa Colo. (suaramerdeka.com / dok)

KUDUS, suaramerdeka.com - Pengembangan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Village menjadi program unggulan dari kelompok KKN-IK IAIN Kudus Kelompok Desa Colo.

Muhammad Imaduddin, M.Pd. selaku Dosen Pendamping Lapangan KKN Kelompok Desa Colo IAIN Kudus menyampaikan bahwa STEAM Village merupakan konsep desa mandiri yang mengedepankan literasi warganya, pada implementasi Konsep-konsep Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika dalam kesehariannya menuju kesejahteraan pada level individu, keluarga, hingga komunitas desa.

“Bentuk implementasi dari konsep ini mengarah pada potensi-potensi temuan aspek STEAM yang didasarkan pada potensi lokal pedesaan” jelasnya.

Lebih lanjut Imaduddin menjelaskan bahwa potensi ini bisa dilihat dari level keluarga maupun komunitas di pedesaan.

Baca Juga: Keuangan Generasi Milenial Kacau? Ini 4 Faktor Penyebabnya

Potensi level keluarga mengarah pada pengetahuan STEAM untuk kebutuhan keluarga, semisal kesehatan, sanitasi lingkungan, ekonomi keluarga, serta pewarisan moral dan budaya.

Pada level komunitas, konsep ini berupaya meningkatkan potensi komunitas desa ataupun SDM dengan memanfaatkan komoditas dan SDA yang ada di pedesaan melalui implementasi STEAM maupun pendidikan STEAM.

Ilham Adji Utama selaku ketua program menyampaikan bahwa STEAM Village merupakan gambaran besar yang memiliki fokus pada pengembangan keluarga, kelompok remaja, anak pendidikan dasar menengah, masyarakat umum seperti pedagang dan petani.

Namun untuk langkah awal akan memfokuskan pada pendidikan dasar menengah terlebih dahulu berupa pendidikan Ethno-STEAM bagi anak.

Baca Juga: Pengesahan UU P2APBN 2020, Menkeu Sebut Bentuk Akuntabilitas Pengelolaan APBN

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X