Unnes Bantu Guru Banjarnegara Siapkan Asesmen Nasional

- Jumat, 3 September 2021 | 17:07 WIB
Unnes menggelar Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Karakter Bagi Guru SD di Kecamatan Purwareja Klampok, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)
Unnes menggelar Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Karakter Bagi Guru SD di Kecamatan Purwareja Klampok, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Unnes membantu guru-guru di Banjarnegara dalam persiapan penerapan asesmen nasional. Unnes membantu dengan melaksanakan kegiatan Bimtek bagi guru-guru Kelas IV di wilayah Banjarnegara.

Tim tersebut diketuai Prof. Dr. Ani Rusilowati, M. Pd beranggotakan Prof. Dr. Isti Hidayah, Dr. Budi Naini Mindyarto, M. App. Sc dan Desi Wulandari, S. Pd., M. Pd. Mereka bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Banjarnegara.

Ani Rusilowati menuturkan, asesmen nasional adalah penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar serta menengah. Penilaian ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan informasi akurat.

Baca Juga: Testing Covid-19 Kota Semarang Capai 6 Kali Lipat Standar WHO

''Asesmen Nasional dilakukan terhadap sekolah dengan sampel murid yang tidak bersifat individual layaknya UN. Peserta Asesmen Nasional adalah siswa kelas 5 jenjang SD/MI, kelas 8 tingkat SMP/MTs. Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional berbeda untuk tiap jenjang pendidikan,'' tambahnya.

Kegiatan bertema 'Bimbingan Teknis Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Karakter Bagi Guru SD di Kecamatan Purwareja Klampok' dimulai pada 1 hingga 22 September 2021, dengan model IN, ON, IN.

Kegiatan predana (IN-1) dilaksanakan secara luring, tatap muka dengan Prokes ketat, bertempat di SDN 3 Kaliwinasuh Klampok Banjarnegara, dengan Kepala Sekolah Ibu Nurlaela Widi Rusnani, S.Pd.SD.

Baca Juga: Booster Vaksin Covid-19 Belum Perlu bagi Masyarakat Umum, Ini yang Perlu Diperhatikan

Peserta bimtek sebanyak 40 orang, terdiri atas guru kelas IV dan pengurus KKG yang tergabung dalam KKG Gugus Ki Hajar Dewantara, RA Kartini, Gajahmada dan Diponegoro.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PDIL Unika Lahirkan Doktor Ilmu Lingkungan Pertama

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:45 WIB

Pemilihan Rektor USM: Lima Calon Sampaikan Visi Misi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:24 WIB
X