Kemitraan Masyarakat, UNS Ciptakan Desain Kemasan Baru Mie Soun Desa Manjung

- Rabu, 1 September 2021 | 09:48 WIB
Purwarupa kemasan baru mie soun khas Desa Manjung, Klaten desain baru yang lebih modern. (suaramerdeka.com / dok)
Purwarupa kemasan baru mie soun khas Desa Manjung, Klaten desain baru yang lebih modern. (suaramerdeka.com / dok)

KLATEN, suaramerdeka.com - Mie soun Desa Manjung merupakan produk UMKM yang memiliki potensi untuk dipasarkan secara masif dan bersaing dengan produk mie jenis lain.

Kurangnya referensi kemasan menyebabkan produsen mie soun Desa Manjung hanya menggunakan plastik bening dan kertas fotocopy sebagai label kemasan dengan informasi yang minim.

Padahal, kemasan merupakan material terluar suatu produk yang berfungsi melindungi, memuat informasi produk, dan sarana promosi.

Research Group Office and Business Administration, Program Studi D3 Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret menangkap permasalahan ini.

Baca Juga: Bappenas Perkuat Peran Inklusi Sosial Perpustakaan Capai SDM Unggul dan Berdaya Saing

Lembaga ini menjalankan aksi nyata lewat program kemitraan masyarakat bersama produsen mie soun yang tergabung dalam Koperasi Adi Mulyo.

Program kemitraan masyarakat yang dilaksanakan bulan Mei-Agustus 2021 mengedukasi dan memberikan pelatihan desain kemasan kepada produsen mie soun.

Targetnya, kemasan baru produk mie soun memenuhi standar kemasan yang baik dengan mencantumkan informasi nama produk, cap/trade mark, komposisi/nilai gizi, netto atau volume bersih, nomor BPOM, nama pihak produksi, PIRT, kode produksi, dan keterangan kedaluwarsa.

Hasil dari pelatihan tersebut, Research Group Office and Business Administration Program Studi D3 Manajemen Administrasi dan UMKM berhasil menciptakan desain baru yang lebih modern.

Baca Juga: UIN Walisongo Dampingi Guru di Kota Semarang, Terapkan Computational Thinking pada Proses Pembelajaran

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X