Dr Ferdinand Hindiarto Rektor Unika Periode 2021-2025, Komitmen Wujudkan Inflamare Humanitate

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:23 WIB
Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Dr Ferdinand Hindiarto. (suaramerdeka.com/dok)
Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Dr Ferdinand Hindiarto. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dr Ferdinand Hindiarto dilantik menjabat Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata yang baru, menggantikan Prof Dr F Ridwan Sanjaya.

Serah terima jabatan (Sertijab) dan pelantikan rektor baru tersebut berlangsung secara daring dan luring di Gedung Albertus Unika, Selasa, 31 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, Dr Ferdinand Hindiarto menyampaikan keinginannya untuk berkomitmen agar Unika menerapkan ''Inflamare Humanitate'', yakni bahwa pendidikan seharusnya membentuk, menentukan dan mengubah manusia.

Baca Juga: Kapolri Minta Warga Tetap Waspada Covid-19 Meski Angka Penyebaran Menurun

Ini merupakan salah satu hasil pemikiran dari Romo Drijarkara, yang merupakan ilmuwan dan tokoh filsafat Indonesia era awal-awal kemerdekaan.

''Saya merasa yakin bahwa proses mendidik atau mengajar itu harus didefinisikan ulang. Tidak cukup hanya mentransfer ilmu atau pengetahuan saja. Kalau hanya seperti itu, maka tidak perlu lagi ada lembaga pendidikan," ujar Dr Ferdinand Hindiarto.

"Penyebabnya, mahasiswa akan bisa dengan mudah mendapatkan itu di dunia maya. Peran dosen dan guru harus menjadi model, yang bertindak selaku roh dalam proses pendidikan itu,'' imbuhnya.

Ditambahkannya, isi kegiatan fundamental itu adalah hominisasi dan humanisasi. Tujuannya untuk bagaimana universitas ini mampu mengangkat anak-anak muda yang dipercayakan kepada Unika, sedemikian tingginya, sehingga mereka bisa menjalankan hidup sebagai seorang manusia yang seutuhnya.

Baca Juga: Timnas Wanita Gelar TC, Fokus Pemulihan Kondisi

''Untuk dapat memiliki kemerdekaan dalam memilih dan menentukan sikap serta tindakannya. Dalam mencapai tujuan itu, menurut keyakinan saya harus melalui interaksi langsung, dialog, berdiskusi dan roh model merupakan metode yang terbaik,'' ungkap rektor Unika yang akan menjabat dalam periode 2021 hingga 2025 tersebut.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Jurnal Akta Unissula Peroleh Akreditasi Sinta 2

Rabu, 26 Januari 2022 | 08:48 WIB

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X