20 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak di SNBP 2023, Undip Lebih Unggul Dari UB

- Jumat, 31 Maret 2023 | 23:21 WIB
10 jurusan di Undip sepi peminat jalur SNBT 2023 (Twitter @undip)
10 jurusan di Undip sepi peminat jalur SNBT 2023 (Twitter @undip)

SUARAMERDEKA.COM – Sebanyak 191.827 siswa mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 menggunakan KIP Kuliah.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 44.928 siswa peserta yaitu sekitar 23,42 persen dinyatakan lulus.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

KIP Kuliah ini berlaku untuk jalur SNBP, SNBT, Seleksi Mandiri di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Baca Juga: Simak! 10 Provinsi Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Indonesia; Kok Ada Aceh, Padahal Salah Satu Penghasil.....

Syarat penerima KIP Kuliah salah satunya adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

Sebagai informasi, hasil Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi atau SNBP 2023 telah diumumkan pada Selasa, 28 Maret 2023 pukul 15.00 WIB.

Diketahui peserta yang dinyatakan lolos diterima pada perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur ini mencapai 143.805 peserta.

Langkah selanjutnya, para peserta yang sudah diterima jalur SNBP harus melakukan registrasi ulang sesuai ketentuan perguruan tinggi masing-masing.

Sedangkan bagi penerima KIP Kuliah, mereka juga perlu mengurus sejumlah berkas serta melalui serangkaian tahapan KIP-Kuliah untuk menerima bantuan biaya pendidikan dan hidup.

Baca Juga: Begini Jawaban Boy William saat Ditanya soal Hubungannya Dengan Ayu Ting Ting: Kita Aminin Saja

Melansir dari situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id, KIP Kuliah akan memberikan pembiayaan sebagai berikut:

1. Pendaftar KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya.

2. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi.

3. Subsidi biaya hidup sebesar Rp 700.000 per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X