Mantap Jaya, Sudah Bebas BBM, Pajak Murah, Masih Bimbang Pinang Motor Listrik?

- Selasa, 7 Februari 2023 | 17:57 WIB
Ilustrasi pajak motor listrik (Foto: momotor.co.id)
Ilustrasi pajak motor listrik (Foto: momotor.co.id)

SUARAMERDEKA.COM - Motor listrik adalah sebuah solusi alternatif berkendara sejak kenaikan BBM tahun 2022 yang lalu.

Beberapa keuntungan juga diberikan kepada pengguna kendaraan listrik, seperti penggunaan pelat nomor khusus kendaraan listrik, bebas ganjil genap, hingga bebas BBNKB.

Dan keuntungan lainya adalah pajak tahunan yang lebih murah.

Namun yang menjadi pertanyaan masyarakat saat ini, bagaimana dengan pajak tahun untuk motor listrik.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Kelompok 29 Universitas PGRI Semarang Gelar Workshop Olahan Singkong di Tlogosari Wetan

Dilansir dari momotor.id, Pemerintah telah menetapkan regulasi untuk meningkatkan daya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik.

Salah satu regulasi yang ditetapkan adalah Regulasi dan insentif mengenai pengenaan pajak kendaraan listrik atau kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB).

Peraturan tersebut telah tertuang dalam Permendagri No. 82 Tahun 2022, tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat.

Baca Juga: Ciamik, Riors Luncurkan Jersey Ketiga PSIS Semarang, Usung Tema Victory In Diversity

Pada pada Pasal 10 ayat 1 disebutkan, pengenaan PKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang, ditetapkan paling tinggi sebesar 10 persen dari dasar pengenaan PKB

Kemudian, pada ayat 2 disebutkan, pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan paling tinggi sebesar 10 persen dari dasar pengenaan BBNKB.

Sekretaris Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Hari Budianto, yang dilansir dari momotor.id menjelaskan mengenai perbandingan perhitungan pajak motor konvensional dan motor listik.

Baca Juga: Terkuak! Nathalie Holscher Ternyata Janda 2 Anak Sebelum Menikah dengan Sule, Kalau Bukan Aku...

Untuk motor bakar PKB-nya 2 persen, sedangkan untuk motor listrik PKB-nya 10 persen dari 2 persen. Yang artinya PKB motor listrik hanya sebesar 0,2 persen.

BBNKB motor listrik hanya sebesar 10 persen dari motor bakar. Umumnya, BBNKB motor bakar itu sebesar 12 sampai 12,5 persen. Artinya BBNKB motor listik hanya sebesar 1,2 persen.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X