Ini Dampak Oli Bagi Perawatan Motor Sesuai Tahun Kendaraan

- Senin, 28 November 2022 | 20:01 WIB
Ilustrasi oli untuk kendaraan (istock foto)
Ilustrasi oli untuk kendaraan (istock foto)

SUARAMERDEKA.COM - Bagi pengendara sepeda motor, oli adalah hal yang wajib diperhatikan. Salah satu fungsi oli adalah sebagai pelumas yakni melumasi bagian-bagian yang bergerak di dalam mesin.

Oleh karenanya, penting melakukan perawatan dengan mengganti oli secara berkala. Lalu, bagaimana jika melakukan penggantian oli tapi tidak sesuai umur? Apa dampaknya?

Oli sendiri memiliki indeks kekentalan yang dipakai secara global yaitu SAE (society of automotive engineer).

Baca Juga: Stop! Kebiasaan Ini dapat Sebabkan Bibir Gelap, Sebaiknya Hentikan dari Sekarang

Hal itu untuk menunjukkan oli tersebut memiliki sifat di suhu dingin seperti oli single grade contoh penulisannya kode 10W/40.

Kenapa Salah satu perawatan utama pada sepeda motor ialah ganti oli? Itu karena oli sangat berperan penting dalam kinerja mesin.

Di Lain hal, perlu juga untuk memahami kategori tahun pembuatan motor yang kita pakai. Itu karena beda umur pembuatan motor, teknologi yang diterapkan juga beda.

Baca Juga: GIIAS Semarang, Nasmoco Catatkan 194 SPK, Toyota All New Kijang Innova Zenix Terbanyak Capai 103 SPK

“Beda teknologi, semakin berkembang maka penggunaan oli pun kandungan dan kebutuhan disesuaikan. Dengan begitu mesin dapat terpelihara cukup awet dan nyaman berkendara dalam harian,” kata Hery Susanto salah satu mekanik asal Salatiga, Jateng.

Memilih oli dalam kondisi yang disesuaikan dengan motor yang dimiliki dapat membuat mesin awet dan sehat apalagi digunakan secara harian.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Motor Listrik Yamaha E01 Resmi Mengaspal di Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2022 | 19:08 WIB

Mulai Jadi Incaran, Motor Irit Ini Kian Mahal

Minggu, 9 Oktober 2022 | 15:45 WIB
X