Semar Proto Juara di Shell Eco-Marathon 2022, Mobil Listrik Terhemat Se-Asia Kalahkan Buatan Cina

- Sabtu, 19 November 2022 | 15:14 WIB
emar Proto, Mobil Listrik Terhemat Se-Asia. (Dok. UGM)
emar Proto, Mobil Listrik Terhemat Se-Asia. (Dok. UGM)

MANDALIKA, suaramerdeka.com - Mobil Semar Proto UGM menyabet juara 1 dalam kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-Marathon 2022.

Dalam kompetisi yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB pada 11-15 Oktober 2022, mobil Semar Protò UGM menjadi pemenang kategori Prototype Kelas Battery-Electric.

Kompetisi tahun ini, mobil Semar Proto UGM Berhasil menyingkirkan lawan-lawannya, ajang ini diikuti oleh 49 tim yang terdiri dari 33 wakil Indonesia dan sisanya representasi dari India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Shell Eco-Marathon sendiri merupakan ajang balap kendaraan ramah energi bagi mahasiswa di seluruh dunia, untuk mengeksplorasi dan memberikan solusi energi transportasi berkelanjutan sesuai kebutuhan masa kini.

Baca Juga: Pantes Flu Makin Parah, Hindari 4 Jenis Makanan Ini, No 3 Pasti Sering Dikonsumsi

Adzmi, tim Semar UGM, menjelaskan dalam kompetisi itu tim Semar Proto dengan kategori prototipe yakni konsep mobil hemat energi yang futuristik berhasil memukau juri dengan jarak tempuh 587 km/kWh dikutip dari laman ugm.

Mobil urban concept ini, memiliki desain kendaraan konvensional roda empat hemat energi sesuai kebutuhan riil masyarakat di perkotaan.

Memiliki keunggulan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar dan body mobil berbahan carbon fiber sehingga berat totalnya hanya 89 kilogram dengan jarak tempuh 332 km/l.

"Semar UGM mendapatkan banyak pengalaman selama proses perlombaan mulai dari brainstorming ide, eksekusi mobil, hingga pelaksanaan kegiatan di Trek Sirkuit Mandalika," kata Adzmi.

Baca Juga: Terpaut 6 Tahun, Dejan/Gloria Punya Chemistry yang Baik di Dalam Lapangan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasmoco Tawarkan Program YES, Beli Agya Bisa Dapat Raize

Selasa, 29 November 2022 | 18:24 WIB

Pasar SUV Makin Kompetitif

Minggu, 6 November 2022 | 23:14 WIB
X