Terima Pejabat BOB, Bamsoet Pastikan Kesiapan The FIM MXGP World Championship 2021

- Kamis, 17 Juni 2021 | 19:17 WIB
Bamsoet usai menerima jajaran Pejabat Badan Otorita Borobudur (BOB), di Jakarta, Kamis (17/6/21) (suaramerdeka.com/dok)
Bamsoet usai menerima jajaran Pejabat Badan Otorita Borobudur (BOB), di Jakarta, Kamis (17/6/21) (suaramerdeka.com/dok)

badan otor

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo memastikan Indonesia akan dua kali menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional bergengsi Motor Cross, The FIM MXGP World Championship 2021.

Putaran pertama diselenggarakan pada 28 November 2021 di kawasan Borobudur. Putaran kedua pada 5 Desember 2021 di Bali atau di Mandalika, Lombok NTB. Pembalap dari 28 negara akan berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

"Badan Otorita Borobudur telah menyiapkan lahan dari Pakualaman Ground seluas 24 hektar untuk perhelatan MXGP. Lokasinya sangat strategis. Berjarak 8 Km dari New Yogyakarta International Airport, serta bisa diakses dari jalur lintas selatan atau Jalan Daendels karena hanya berjarak 1 Km.

Baca Juga: Analisis Ryan Kiryanto: Pemulihan Ekonomi BergantungKecepatan Distribusi Vaksinasi

Lokasi sirkuit yang berjarak 200 meter dari garis pantai, dengan ombak yang tidak pernah berhenti, menjadikannya sebagai sirkuit Motocross dengan pemandangan sangat eksotis. Sementara dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 Km dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam. Lokasi sirkuit juga didukung dengan keberadaan RSUD Wates yang berjarak 10 Km," ujar Bamsoet usai menerima jajaran Pejabat Badan Otorita Borobudur (BOB), di Jakarta, Kamis (17/6/21).

Turut hadir antara lain Direktur Utama BOB Indah Juanita, serta Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB Bisma Jatmika. Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Wakil Ketua Umum Event dan Internasional Judiarto, Plt Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Eddy Saputra, Ketua Komisi Wisata Roy Wicaksono, Komisi Touring Erwin Indrianto, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dengan dua kali menjadi tuan rumah MXGP, Indonesia akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain mengembangkan potensi olahraga motocross, juga turut menggerakan perekonomian rakyat dari sektor penginapan, kuliner, transportasi, hingga ekonomi kreatif berupa souvenir dan kerajinan lainnya.

Baca Juga: Survei LSI: Airlangga Hartarto King Maker Pilpres 2024

"Tidak kurang dari 1.500 orang akan melakukan perjalanan ke Indonesia, mulai dari pembalap crew, dan media. Memberikan efek yang dahsyat bagi berbagai sektor perekonomian, dengan perkiraan omset rata-rata mencapai Euro 3,5 juta atau sekitar Rp 60,3 miliar lebih. Potensi pendapatan yang bisa diperoleh negara melalui pendapatan langsung maupun tidak langsung bisa mencapai Euro 1,2 juta atau sekitar Rp 20,7 miliar lebih," jelas Bamsoet.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mario Suryo Aji Masuk 10 Besar Klasemen CEV Moto3

Selasa, 21 September 2021 | 19:43 WIB

7 Hal Penting Bawa Barang dengan Aman saat Bermotor

Kamis, 9 September 2021 | 18:55 WIB

Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

Selasa, 31 Agustus 2021 | 13:06 WIB

Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

Jumat, 30 Juli 2021 | 20:56 WIB

Petronas Yamaha Sabar Tunggu Morbidelli Sembuh

Sabtu, 17 Juli 2021 | 20:49 WIB
X