Kenaikan Harga Pertamax Mempengaruhi Industri Otomotif, Masyarakat Akan Berpikir Ulang Membeli Mobil

- Kamis, 7 April 2022 | 17:00 WIB
Pengunjung sedang melihat-lihat aneka mobil yang dipamerkan pada Semarang Great Automotive Expo 2022 di Atrium Java Mall, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Pengunjung sedang melihat-lihat aneka mobil yang dipamerkan pada Semarang Great Automotive Expo 2022 di Atrium Java Mall, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com -Tantangan kembali menghampiri industri otomotif. Hal ini seiring kenaikan harga BBM non subsidi jenis Pertamax (RON 92) oleh PT Pertamina (Persero) mulai 1 April lalu.

Seperti diketahui, Pertamina telah menetapkan harga baru Pertamax sebesar Rp 12.500 per liter. Selama ini, porsi pemakaian Pertamax mencapai 21 persen  terhadap total konsumsi BBM gasoline.

Pemimpin Cabang Suzuki Semarang, Harsono menuturkan, kalangan industri otomotif menilai kenaikan harga BBM Pertamax akan mempengaruhi penjualan mobil nasional dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Jadwal Shalat Kota Semarang untuk Hari Kamis, 7 April 2022 dan Jumat, 8 April 2022

Sebab, masyarakat akan berpikir ulang untuk membeli mobil baru, khususnya mobil dengan bahan bakar standar RON92 ataupun mobil yang konsumsi bahan bakarnya lebih besar.

''Padahal, saat ini masyarakat segera menyambut momentum mudik lebaran yang biasanya akan disertai dengan kenaikan penjualan kendaraan bermotor,'' tuturnya saat Semarang Great Automotive Expo 2022 di Atrium Java Mall, belum lama ini.

Dikatakannya, selain kenaikan harga Pertamax juga kenaikan PPN 11 persen yang berimbas pada naiknya harga jual mobil. Meski demikian, pihaknya meyakini penjualan otomotif masih tetap bergairah menjelang Lebaran sampai akhir tahun.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa dan Imsak Selama Bulan Ramadan 1433 H untuk Jawa Tengah

Pada pameran ini ia menargetkan dapat terjual sampai 10 unit mobil Suzuki. Rata-rata per bulan terjual sampai 40 unit mobil.

''Untuk mendorong penjualan, kami memberikan program free servis sampai 50 ribu kilometer serta hadiah aksesoris dan hadiah cabutan untuk setiap pembelian,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X