Melalui Jalan Tidak Rata, Ini Saran Agar Aman dan Seimbang Saat Berkendara

- Rabu, 2 Maret 2022 | 13:24 WIB
Teknik mencari keseimbangan saat berkendara di permukaan jalan tidak rata. (suaramerdeka.com / dok Astra)
Teknik mencari keseimbangan saat berkendara di permukaan jalan tidak rata. (suaramerdeka.com / dok Astra)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Seringkali di saat berkendara, kita dihadapkan dengan permukaan jalan tidak rata yang terjadi karena perubahan suhu, temperatur udara, kondisi tanah dasar yang tidak stabil.

Kemudian, proses pemadatan yang kurang baik, dan lain sebagainya sehingga perlu adanya teknik #cari_aman seimbang untuk melalui jalanan yang tidak rata ini.

Tindakan menghindar tiba-tiba karena mendadak ada permukaan jalan rusak berpotensi menyebabkan terjadi kecelakaan, terutama bila pengendara motor atau pengemudi mobil di belakang tidak memiliki jarak yang cukup untuk menghindar.

Baca Juga: Ini Penjelasan Catur Brata dalam Hari Raya Nyepi, dan 4 Pantangan bagi Umat Hindu

Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menegaskan bila melintasi permukaan jalan rusak dengan situasi tidak bisa dilalui dengan kecepatan ekstra rendah, disarankan menggunakan teknik berkendara dengan postur tubuh setengah berdiri.

Berikut saran teknik seimbang saat akan melintasi jalanan yang rusak atau tidak rata, yaitu:

1. Tetap mengurangi kecepatan kendaraan tanpa mengganggu keamanan (angka kecepatan masing-masing orang bisa berbeda dan menyesuaikan situasi dan kondisi).

Mengurangi kecepatan secara wajar menggunakan hanya rem belakang saja atau dibantu kombinasi dengan rem depan jika jarak sudah dekat, hindari kecepatan turun secara drastis.

Baca Juga: Govinda Rilis Single Terbaru 'Satu Frekuensi', Ini Lirik dan Chord Gitarnya

2. Angkat badan berfungsi untuk mencegah goncangan dari motor karena melalui jalan yang tidak rata diteruskan ke badan pengendara yang berdampak mengganggu konsentrasi berkendara.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X