Korlantas Polri Akan Pasang Chip Pada Pelat Nomor Kendaraan, Kapan Berlaku?

- Minggu, 9 Januari 2022 | 16:27 WIB
Pelat nomor kendaraan akan diganti warna putih dan teks hitam. (tangkapan layar instagram Humas Polri)
Pelat nomor kendaraan akan diganti warna putih dan teks hitam. (tangkapan layar instagram Humas Polri)

suaramerdeka.com - Awal tahun 2022 pemerintah akan mengeluarkan aturan baru terkait pelat nomor kendaraan yang akan mendapatkan perubahan.

Pada januari 2022, pihak kepolisan akan melakukan perubahan warna pelat nomor kendaraan dari pelat hitam menjadi tulisan putih menjadi pelat putih dan tulisan hitam.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pemasangan sebuah teknologi chip yang akan dipasangkan pada kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat.

Baca Juga: Ini Daftar Siaran TV Digital di Kabupaten Garut, Yuk Cek!

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa perubahan ini mengarah pada tujuan yang spesial.

Chip tersebut akan digunakan untuk optimalisasi penggunaan electronic traffic law enforcement (ETLE) yang dikenal juga sebagai tilang elektronik berupa kamera-kamera yang dipasangkan di jalanan untuk memantau adanya pelanggaran lalu lintas.

“Jadi di dalam pelat nomor itu akan ditanam chip dan tertera data-data pemilik kendaraan," ucap Yusri Yunus, Karlantas Polri.

Baca Juga: Luar Biasa; Weton Ini Akan Cepat Sukses Jika Berdagang, Weton Anda Termasuk?

Untuk pemberlakuan aturan chip ini sudah disiapkan, namun Yusri menjelaskan pemasangan chip pada pelat nomor kendararan akan memakan waktu yang lama.

Perubahan aturan ini juga sudah tercantum dalam aturan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021, pelat nomor hitam kini akan berganti warna menjadi putih dengan tulisan hitam.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X