Penting, Cari Aman Merawat Mesin Kendaraan

- Kamis, 25 November 2021 | 20:37 WIB
Ilustrasi mesin kendaraan
Ilustrasi mesin kendaraan

 

SEMARANG, suaramerdeka.com – Setelah mengetahui faktor manusia dan faktor lingkungan sering menjadi penyebab dari kecelakaan lalu lintas, seringkali pengendara lupa bahwa ada satu lagi faktor penting penyebab kecelakaan terjadi yaitu faktor kendaraan yang bisa dilhat dari cara perawatan motor dan teknik modifikasi motor.

Untuk memaksimalkan #cari_aman saat berkendara, penting bagi rider untuk mengetahui cara merawat motor supaya aman dan nyaman saat dikendarai seperti melakukan perawatan service rutin dan penggantian oli secara berkala.

Baca Juga: Jaringan Ritel dan Pusat Belanja Hippindo Bantu Pasarkan Produk UMKM Jateng

Perlu diketahui bagi rider, bahwa pada oli terdapat jenis dan kodenya. Kode yang berada pada kemasan oli mempunyai arti masing - masing, di antaranya adalah American Petroleum Institute (API), Society of Automotive Engineers (SAE), dan Japanese Automotive Standards Organization (JASO)

SAE adalah assosiasi yang mengatur standarisasi dari kekentalan oli, sebagai contoh pada kemasan oli terdapat kode 20W-40, angka 20 dan 40 menunjukan kekentalan oli, huruf W merupakan singkatan dari “Winter”, formulasi oli disesuaikan dengan kondisi dingin dan panas, jadi kode bisa diartikan bahwa angka didepan huruf W adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin, dan angka setelah huruf W adalah kekentalan oli pada saat mesin bekerja. Semakin kecil angka SAE maka oli semakin encer, begitu juga sebaliknya.

API adalah organisasi yang memberikan rating kode standart yang menentukan kualitas oli. Adapun beberapa kode pada API:

Baca Juga: Tiga Pebulutangkis Indonesia Masuk Nominasi BWF 2020/2021

SN artinya kode terbaru yg diperkenalkan Oktober 2010 – sekarang
SM artinya pembuatan tahun 2010 kebawah
SL artinya pembuatan tahun 2004 kebawah
SJ artinya pembuatan tahun 2001 kebawah

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Resmi menjadi Tuan Rumah Vespa World Days 2022

Selasa, 22 Februari 2022 | 13:00 WIB
X