Rossi Sebut Faktor Keselamatan Para Pebalap Belum Terjamin

- Selasa, 1 Juni 2021 | 16:45 WIB

GELARAN MotoGP Italia 2021 diwarnai duka usai Rider Moto3, Jason Dupasquier meninggal dunia dalam sesi kualifikasi. Rider 19 tahun itu terjatuh di lintasan setelah kehilangan kendali motornya pada Turn 9. 

Meski sempat mendapatkan pertolongan dan dilarikan ke rumah sakit, namun pria asal Swiss tersebut dinyatakan wafat pada Minggu (30/5) sore WIB, atau dua jam sebelum balapan MotoGP Italia berlangsung.

Kematian Dupasquier menjadi kabar duka bagi seluruh pebalap di semua kelas. Prosesi mengheningkan cipta dilakukan sekitar 15 menit sebelum balapan yang berlangsung di sirkuit Mugello itu.

Pebalap senior, Valentino Rossi menyampaikan rasa duka cita atas wafatnya Dupasquier.

Rossi pun mempertanyakan faktor keselamatan para rider yang dirasanya belum cukup terjamin saat berada di lintasan.

"Kami memang telah membuat banyak kemajuan dalam hal keselamatan dengan mengubah rute. Kami telah meningkat, tapi kami masih butuh lebih banyak,” kata Rossi, dikutip dari Speedweek.

Rossi mengatakan, pihaknya sering meminta area run-out yang lebih besar.

“Kami sering meminta area run-out yang lebih besar, tetapi itu terkadang tidak mungkin karena anda membutuhkan banyak uang buat itu, atau tempatnya tidak tersedia," imbuh Rossi.

"Kemudian ada perbaikan besar pada helm, seragam kulit dan kantung udara. Saya pikir sudah ada kemajuan yang baik di bidang tersebut selama beberapa tahun terakhir, namun apa yang kita lihat kemarin adalah masalah yang menyebabkan kecelakaan buruk kepada SIC [Marco Simoncelli] dan [Shoya] Tomizawa di masa lalu," terangnya.

"Sayangnya kami belum bisa melakukan cukup banyak hal di sana, sebab masalah dari balapan motor adalah ketika seseorang terjatuh dan tubuhnya tetap berada di lintasan, di mana ada rider lain yang menyusul di belakangnya. Apa yang bisa kamu lakukan di sana? Itu sangat sulit. Sulit sekali untuk menemukan solusi atas masalah seperti ini," tandasnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Speedweek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Marquez Punya Rekor Mentereng di MotoGP Jerman

Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:59 WIB

Rossi Siap Lanjutkan Tren Positif di Catalunya

Jumat, 4 Juni 2021 | 19:55 WIB
X