Isuzu Siap Implementasikan Kebijakan Euro 4 pada Mesin Diesel

- Jumat, 12 November 2021 | 22:26 WIB
Attias Asril GM Marketing PT IAMI (jaket hitam) bersama Tonton Eko GM Product development PT IAMI. (suaramerdeka.com/dok)
Attias Asril GM Marketing PT IAMI (jaket hitam) bersama Tonton Eko GM Product development PT IAMI. (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel akan diterapkan tahun 2022.

Peraturan itu tertuang didalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020. 

Nantinya semua produsen otomotif yang merakit kendaraan niaga bermesin diesel akan mulai melakukan produksi pada 7 April 2022.

Anjuran untuk beralih ke Euro 4 itu sendiri sudah tertuang didalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. 

Baca Juga: Hari kesehatan Nasonal, Pemkab Temanggung Beri Penghargaan bagi Nakes dan Relawan

Terlepas dari dinamika penerapan Euro 4 oleh Pemerintah, tentunya inovasi dan standarisasi Euro 4 akan baik sekali di terapkan di Indonesia.

Namun, perlu diketahui juga bagaimana kesiapan bahan bakar minyak (BBM) untuk mendukung kebijakan tersebut.

Sementara Isuzu sebagai produsen yang memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel sudah mempersiapkan diri sejak tahun 2011.

Di mana memperkenalkan Isuzu GIGA kendaraan medium truk yang sudah mengimplementasi mesin commonrail.

Tonton Eko, Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, pada tahun 2018 juga memperkenalkan produk Isuzu Elf NMR 81 yang sudah menggunakan mesin commonrail.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X