Jalan Tol Rawan Kecelakaan, Perhatikan Kesalahan Nomer Lima

- Minggu, 7 November 2021 | 11:15 WIB
Ilustrasi tips aman berkendara di jalan tol ( (Freepik))
Ilustrasi tips aman berkendara di jalan tol ( (Freepik))

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kecelakaan di jalan tol bisa terjadi karena beberapa hal, tidak hanya satu faktor. Ada empat faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan tol yakni pengemudi, kendaraan, lingkungan jalan, dan cuaca.

Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Iwan Puja Riyadi mengungkapkan hal itu menanggapi seringnya terjadi kecelakaan di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Ia berpendapat kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya karena satu faktor melainkan hasil interaksi antarfaktor.

Baca Juga: Roy Suryo Menduga Tubagus Joddy Bawa Mobil Kecepatan Lebih dari 159 Km Per Jam

Berikut beberapa faktor kesalahan yang menyebabkan pengemudi mobil mengalami kecelakaan di jalan tol berdasarkan analisa Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Iwan Puja Riyadi.

1. Faktor lingkungan jalan misalnya berupa desain jalan seperti median, gradien, alinyemen, dan jenis permukaan, ataupun kontrol lalu lintas seperti marka, rambu, dan lampu lalu lintas.

''Pembangunan jalan tol, mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan, dan memenuhi kaidah jalan berkeselamatan. Konsep desain jalan berkeselamatan yakni seluruh sistem lalu lintas jalan disesuaikan dengan keterbatasan atau kemampuan manusia sebagai pengguna jalan, tujuannya untuk mencegah terjadinya tabrakan yang melibatkan elemen infrastruktur jalan,'' jelasnya.

Baca Juga: All New Honda Civic RS, Sematkan Teknologi Keselamatan Canggih Honda SENSING

2. Faktor kendaraan seperti kondisi mesin, rem, lampu, ban, dan muatan bisa menjadi penyebab kecelakaan, demikian halnya faktor cuaca berupa kondisi hujan, kabut, atau asap.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pacu Industri Otomotif, Insentif PPnBM Dioptimalkan

Kamis, 18 November 2021 | 18:49 WIB
X