Ini Fitur Aman Honda Sport, Susah Nukik Walau Rem Keras

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 20:32 WIB
Honda Sport CBR150R (suaramerdeka.com/dok)
Honda Sport CBR150R (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Seorang pengendara dapat dikatakan mahir bila berhasil menguasai dan mengontrol kendaraannya untuk menjaga keseimbangan, pengereman, gas, dan bermanuver.

Bisa dikatakan, kunci utama yang mutlak harus dikuasai oleh pengendara adalah kemampuan menjaga keseimbangan.

Penguasaan gas juga perlu diperhatikan karena berfungsi untuk mengatur kebutuhan tenaga dan kecepatan putar dari mesin ke roda, begitu pula dengan bermanuver sebagai aksi mengendalikan arah serta pergerakan sepeda motor, dan terakhir teknik mengerem untuk menurunkan laju kendaraan dengan terkendali.

Baca Juga: Pelanggar Karantina Covid-19 Kena Sanksi Tegas, Menkominfo: Mari Kita Kawal Aturan Bersama

Membahas lebih dalam, ternyata rem memiliki peran penting karena berfungsi untuk menjaga keseimbangan, mengendalikan kecepatan saat menghadapi belokan atau akan menikung, pengereman untuk berhenti, dan untuk melakukan pengereman keras.

Seperti yang kita pahami, bahwa teknik berkendara untuk menjaga keseimbangan dan mengendalikan kecepatan cukup menggunakan rem belakang, sedangkan rem depan harus digunakan jika waktu dan jarak pengereman yang dibutuhkan lebih pendek.

Oke Desiyanto, selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng mengatakan bahwa sangat perlu diperhatikan, saat kondisi pengereman untuk berhenti dan kondisi pengereman yang keras, harus dilakukan rem bersamaan belakang dan depan dengan gaya pengereman yang lebih kuat diroda depan.

Baca Juga: Plak Gigi Menumpuk, Coba Atasi dengan Membersihkan Lidah, Rasakan Manfaatnya!

Hal ini karena suspensi depan akan mengalami penambahan bobot sehingga motor akan cenderung menukik (dive) karena dorongan dari badan motor, bobot pengendara, dan gaya inersia dimana beban tersebut akan menuju ke ban depan melalui suspensi depan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penting, Cari Aman Merawat Mesin Kendaraan

Kamis, 25 November 2021 | 20:37 WIB

Mengenal Smart Key Sistem pada Motor

Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:48 WIB

Mobilitas Tinggi, Ojol Pilih Bahan Bakar RON Tinggi

Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Penting, Cek Rem pada Motor Sebelum Berkendara

Rabu, 29 September 2021 | 19:17 WIB

Mario Suryo Aji Masuk 10 Besar Klasemen CEV Moto3

Selasa, 21 September 2021 | 19:43 WIB
X