Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 13:06 WIB
Jatuh dari sepeda motor. (foto: Astra Honda Motor)
Jatuh dari sepeda motor. (foto: Astra Honda Motor)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Berkendara dengan sepeda motor memang menyenangkan, namun setiap pengendara harus siap dengan risiko terjatuh saat mengendarainya.

Bahkan pebalap hebat di lintasan sirkuit MotoGP pun pernah mengalami jatuh yang disebut high side (terlempar dari sepeda motor) atau low side (meluncur di aspal). Untuk meminimalisir dampak negatif terhadap kondisi tubuh kita, ternyata ada teknik khusus yang aman bila kondisi terjatuh dari sepeda motor sudah tidak dapat dihindari lagi. Berikut tips dari Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

1. Lepaskan Diri dari Sepeda Motor

Pada beberapa kondisi, sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang memiliki sisi emosional bagi pengendaranya, bahkan saat terjatuh pun kita takut kehilangannya. Namun kita juga harus rasional. Ketika kita terjatuh dan masih berpegangan pada sepeda motor atau tidak melepaskannya, justru hal tersebut memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi. Karena pengendara sepeda motor akan beresiko tertimpa, terhantam, atau bahkan mengalami luka bakar jika sepeda motor terbakar.  Selain itu, melepaskan diri dari sepeda motor akan membantu mengurangi momentum kita dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mulai berguling.

2. Berguling

Jatuh dengan posisi berguling dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh. Menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh.

a. Berguling ke Sisi Kiri Jalan

Setelah melepaskan sepeda motor, sebaiknya pengendara mengarahkan tubuh ke kiri jalan. Hal ini lebih minim resiko karena sisi sebelah kiri jalan tidak seaktif sisi kanan jalan.

b. Tidak Langsung Berdiri   

Ketika terjatuh sebaiknya, diam dulu sejenak, coba melakukan gerakan pada  tangan dan kaki anda untuk melakukan konfirmasi pada tubuh, apakah ada yang terkilir atau patah. Hal ini untuk menghindari cidera yang lebih parah.

c. Segera ke Rumah Sakit

Sebaiknya segera ke Rumah Sakit untuk memeriksa lebih detail dan mendapatkan tindakan medis lanjutan bila diperlukan.

“Pada prakteknya, teknik jatuh di atas tidak semudah seperti saat disampaikan. Untuk itu, tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara, kendalikan emosi, pahami prediksi dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara,” tutup, Johanes Lucky, Manager Safety Riding AHM.


Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Terkini

Mengenal Smart Key Sistem pada Motor

Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:48 WIB

Mobilitas Tinggi, Ojol Pilih Bahan Bakar RON Tinggi

Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Penting, Cek Rem pada Motor Sebelum Berkendara

Rabu, 29 September 2021 | 19:17 WIB

Mario Suryo Aji Masuk 10 Besar Klasemen CEV Moto3

Selasa, 21 September 2021 | 19:43 WIB

7 Hal Penting Bawa Barang dengan Aman saat Bermotor

Kamis, 9 September 2021 | 18:55 WIB

Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

Selasa, 31 Agustus 2021 | 13:06 WIB

Cara Merawat V-belt Motor Skutik Agar Tetap Awet

Jumat, 30 Juli 2021 | 20:56 WIB

Petronas Yamaha Sabar Tunggu Morbidelli Sembuh

Sabtu, 17 Juli 2021 | 20:49 WIB
X