Meningkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Desa

Red
- Kamis, 31 Desember 2020 | 07:45 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

KAMUS Besar Bahasa Indonesia Online memberi arti sinergi sebagai kegiatan atau operasi gabungan. Manusia yang diciptakan untuk menjadi makhluk sosial, pada dasarnya membutuhkan manusia lain untuk bisa menjalani hidup. Dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya pasti akan bersinergi dengan manusia lain dan saling mengambil manfaat dari sinergi itu.

Kenyataannya, tidak semua kegiatan gabungan antar manusia memberikan manfaat yang optimal, bahkan kegiatan bersama malah menyebabkan kerugian atau kehancuran bagi mereka. Kondisi ini tidak terlepas dari sifat dasar manusia yang memiliki hasrat liar (nafsu) yang dapat membuat manusia menjadi egois dan kontra produktif ketika harus melakukan kegiatan bersama.

Oleh karena itu, sinergi yang benar adalah ketika 1 + 1 = 3 atau lebih; yang artinya produktifitas orang perorangan akan semakin tinggi ketika terjadi penggabungan operasi (sinergi).  Direktur Jenderal Perbendaharaan melalui Surat Edaran nomor SE-106/PB/2018 tanggal 28 Desember 2018, meminta seluruh institusi Ditjen Perbendaharaan, baik pusat maupun daerah untuk menyelenggarakan Hari Bakti Perbendaharaan dengan tema ‘Meningkatkan Sinergi Untuk Kemakmuran Negeri’.

Satu hal yang paling penting untuk selalu dipikirkan dalam membangun sinergi, adalah sinergi harus dilakukan antar institusi dan antar program untuk efektifitas dan efisiensi kegiatan. Sebagaimana kita sadari bahwa banyak program pemerintah dilaksanakan oleh berbagai institusi (pusat dan daerah) yang pada dasarnya memiliki sasaran yang sama, yaitu kesejahteraan rakyat. Menyadari hal seperti ini, maka perlu dibangun dan terus diupayakan terjadi sinergi antar berbagai institusi dan berbagai program di wilayah yang sama.

Kemakmuran Desa?

Sejak 2015, sebagai konsekuensi atas pelaksanaan UU No 6/2014 tentang Desa, Dana Desa disalurkan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Kesejahteraan masyarakat desa identik dengan kesuksesan desa dalam mengelola sumber-sumber yang dimiliki. Menteri Keuangan menyampaikan bahwa ada empat kunci bagi desa yang menginginkan sukses, yaitu :  Transparansi, Komitmen peran serta masyarakat, Ledership atau ketokohan dan Keputusan atas aspek fokus penggunaan dana.

Empat kunci sukses tersebut telah terbukti ada di 168 desa sukses, sebagaimana tertulis kisahnya di Kisah Sukses Dana Desa terbitan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Satu desa, di luar 168 desa itu, yang paling mengagumkan kesuksesannya adalah Desa Ponggok di Kabupaten Klaten. Kesuksesan desa ini telah menginspirasi pemerintah pusat maupun daerah untuk direplikasi di desa-desa lain.

Sama seperti di 168 desa di atas, Desa Ponggok juga memiliki empat kunci sukses, namun ada satu yang sangat membedakan Ponggok dengan desa-desa lain, yaitu Bumdes Umbul Ponggok sebagai powerhouse. Renald Kasali mendefinisikan powerhouse adalah sebuah rumah besar berbentuk badan usaha yang mengayomi puluhan hingga ratusan ribu orang, baik sebagai karyawan maupun pemasok dan memberi dampak yang besar pada perekonomian.

Dengan demikian, desa akan sukses mensejahterakan masyarakatnya jika menerapkan empat kunci sukses dalam mengelolaan desa dan memiliki Bumdes sebagai powerhouse.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Memperjuangkan Kualitas Pendidikan Dokter

Kamis, 25 November 2021 | 12:39 WIB

Tembang Pagebluk Menyulap Bagong Menjadi Konten Kreator

Selasa, 16 November 2021 | 08:15 WIB

Metamorfosis Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Senin, 8 November 2021 | 11:12 WIB

Kebijakan Publik Versus PCR dan Antigen

Minggu, 7 November 2021 | 23:23 WIB

Pangan dan Telur Ayam

Minggu, 7 November 2021 | 15:26 WIB

Negara Hadir Versus Pinjol illegal

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:45 WIB

PON 20 Papua Membuka Mata, Telinga dan Hati

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 23:42 WIB

Kemandirian dan Menjaga Marwah Santri

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:10 WIB

Hikmah Covid-19 bagi Kehidupan Santri

Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Menggerakkan MGMP melalui Spirit 'MGMP'

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:23 WIB

Aksi Kita adalah Masa Depan Kita

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 21:36 WIB

Masjid dan Peran Memakmurkan Umat

Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:31 WIB
X