Saat Tentara Mereformasi Diri

Red
- Senin, 5 Oktober 2020 | 18:27 WIB
Ichwan Arifin (suaramerdeka.com/dok)
Ichwan Arifin (suaramerdeka.com/dok)

PRAJURIT berseragam doreng itu terlihat cakap mengoperasikan alat berat. Sebagian yang lain mengerjakan pengecoran. Terik panas matahari membuat peluh bercucuran. Tak mengendurkan semangat para tentara itu terus bekerja. Tidak ada senjata atau kendaraan tempur. Adanya Ekskavator, pengaduk beton dan peralatan konstruksi lainnya.

Mereka tidak sedang membuat “bunker”, benteng atau fasilitas pertahanan lainnya. Namun, mengerjakan pembangunan jembatan penghubung antar desa. Lokasinya di kawasan hutan, Kabupaten Bojonegoro. Sekitar 20-an kilometer dari pusat kota. Lumayan jauh dan terpencil. Setelah 30 menit menyusuri jalan berkelok-kelok menerobos hutan, barulah sampai ke desa tersebut. Tidak ada pemukiman sepanjang jalan di hutan. Beruntung, jalan baru saja di beton oleh Pemkab Bojonegoro. Jadi nyaman ditempuh dengan motor atau mobil.

Jembatan itu satu-satunya akses warga setempat. Runtuh karena bencana alam. Selama ini, masyarakat terpaksa menyusur sungai untuk keluar masuk daerah tersebut.

Selama kemarau tidak jadi masalah karena debit air sungai kecil. Namun, potensi bahaya cukup besar jika musim hujan tiba. Karena itu, pemerintah setempat menginisiasi kerjasama pihak ketiga dengan TNI, membangun kembali jembatan tersebut. Jadilah program Karya Bhakti TNI.

Mereka sebagian besar anggota Kodim 0813/Bojonegoro, didukung personil Zeni Kodam V/ Brawijaya. Zeni, salah satu kecabangan di TNI AD. Bagian “engineer” militer dengan tugas pokok menyelenggarakan rekayasa teknik dan militer. Dalam masa damai, keahlian Zeni dapat digunakan membantu masyarakat membangun infrastuktur publik seperti program Karya Bhakti dan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Siang itu saya berkesempatan mengikuti kunjungan kerja Perwira Ahli Tingkat III KASAD Bidang Komsos Mayjen TNI Arif Rahman ke program Karya Bhakti. Turut serta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Irsyansyah, Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M Dariyanto dan Dandim 0813/Bojonegoro Letkol Inf Bambang Haryanto. Dari Kota Bojonegoro, rombongan langsung menuju lokasi jembatan. Tidak ada seremoni di lokasi. Pemaparan kemajuan pekerjaan disampaikan perwira lapangan, Lettu CZI Suyanto sebelum jajaran perwira itu mengecek langsung konstruksi jembatan.

Kedua jenderal bintang dua itu nampak tak berjarak dengan para prajurit maupun warga sekitar. Perbincangan akrab dan santai. Mayjen Arif Rahman menjelaskan kunjungannya bertujuan memastikan program Karya Bhakti berjalan lancar dan tepat waktu. Hasilnya dapat dinikmati masyarakat secepatnya.  Pangdam menambahkan, medan atau lokasi yang sulit bukan kendala bagi tentara. Sebagian besar lokasi program Karya Bhakti dan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kawasan terpencil dengan medan berat. Penyelesaian pekerjaan jembatan dengan volume 27 meter x 6 meter ditargetkan Oktober 2020. Berbarengan dengan momentum hari jadi TNI ke-75, pada 5 Oktober 2020.

Itu sekilas catatan saya terkait ulang tahun TNI. Catatan lainnya adalah proses reformasi internal TNI yang terus dilakukan hingga kini.
 
Reformasi TNI

Memperingati hari jadi kali ini, kita berharap TNI semakin kuat, profesional. Patut diapresiasi, TNI tidak menutup diri terhadap tuntutan perubahan. Reformasi internal dilakukan sejak 1998. Sebagaimana diamanatkan UU Nomor 34 tahun 2004, reformasi menguatkan TNI menjadi tentara profesional. Yaitu, tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, dijamin kesejahteraannya, tidak berpolitik praktis, mengabdi pada politik negara, mengacu nilai dan prinsip demokrasi, supremasi sipil, HAM, serta mematuhi ketentuan hukum nasional dan internasional yang sudah diratifikasi.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Makna Angka 9 di Hari Jadi Ke–272 Blora

Senin, 6 Desember 2021 | 08:24 WIB

Masker Wahing

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:23 WIB

Memperjuangkan Kualitas Pendidikan Dokter

Kamis, 25 November 2021 | 12:39 WIB

Tembang Pagebluk Menyulap Bagong Menjadi Konten Kreator

Selasa, 16 November 2021 | 08:15 WIB

Metamorfosis Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

Senin, 8 November 2021 | 11:12 WIB

Kebijakan Publik Versus PCR dan Antigen

Minggu, 7 November 2021 | 23:23 WIB

Pangan dan Telur Ayam

Minggu, 7 November 2021 | 15:26 WIB

Negara Hadir Versus Pinjol illegal

Senin, 25 Oktober 2021 | 23:45 WIB

PON 20 Papua Membuka Mata, Telinga dan Hati

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 23:42 WIB

Kemandirian dan Menjaga Marwah Santri

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:10 WIB

Hikmah Covid-19 bagi Kehidupan Santri

Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:06 WIB

Menggerakkan MGMP melalui Spirit 'MGMP'

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:23 WIB
X