Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional: Mendikbud Ristek Dijadwalkan Akan Membuka

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi turnamen catur anak. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi turnamen catur anak. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dijadwalkan bakal membuka turnamen catur bertajuk "Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional – BPK Penabur 2021”.

Sesuai jadwal, acara pembukaan kejuaraan tersebut dilakukan secara virtual pada Sabtu (14/8).

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto juga dijadwalkan memberikan edukasi pada saat acara pembukaan dengan tema "Peran Catur dalam Membangun & Membentuk Karakter Unggul Anak Bangsa".

Diharapkan melalui gelar wicara ini, semakin membuka mata khalayak umum bahwa permainan catur yang sederhana ini ternyata terkandung manfaat istimewa dalam proses pembentukan karakter yang kuat dan tangguh.

Baca Juga: Timnas Indonesia Ikut Kompetisi di FIBA 3x3 World Cup U-18 2021, PB Perbasi Tak Tetapkan Target

Festival catur yang digelar BPK Penabur bekerjasama PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) tersebut diikuti ribuan pelajar dari seluruh Indonesia.

Babak kualifikasi diselenggarakan selama dua hari, 14-15 Agustus 2021. Sementara partai final dilangsungkan 21 Agustus mendatang.

Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya menambahkan, proses regenerasi di olahraga catur tidak boleh terputus.

Menurutnya, pandemi tidak boleh menghentikan proses belajar. Oleh karena itu, sekalipun online punya keterbatasan namun metode dalam jaringan adalah salah satu solusi terbaik untuk menggelar kejuaraan saat ini.

Baca Juga: Tim bola Tangan PON XX Jateng, Pemahaman Strategi Baru 70 Persen

“Sangat diharapkan melalui turnamen online lingkup nasional yang dapat diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia tanpa kecuali ini, akan dapat menjaring pecatur-pecatur berbakat yang selama ini terkendala banyak hal untuk ditangkap, kemudian mendapatkan pembinaan yang lebih intensif,” ujar Eka, Kamis (12/8).

Ketua Umum BPK Penabur Adri Lazuardi mengatakan, Indonesia membutuhkan generasi yang unggul untuk membangun bangsa, sementara itu karakter menjadi pilar penting untuk bangsa yang kuat.

Untuk mencapainya bisa dimulai dari hal yang sederhana, yaitu dengan mengasah kejujuran, sportivitas serta daya juang pantang menyerah yang kesemuanya ini dapat dipertajam melalui permainan catur.

"Mengacu pada pemikiran ini membuat BPK Penabur menjadi pelopor untuk memberdayakan dan mengembangkan catur di kalangan pelajar,” terang Adri Lazuardi.

Ketua Panitia Festival Budijanto Gunawan menjelaskan, peserta yang mendaftar sebanyak 1.217 pelajar yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X