Gelar Coaching Clinic, KBI Jateng Siapkan Diri untuk Sertifikasi Pelatih Nasional

- Senin, 12 September 2022 | 09:12 WIB
Tokhir Marasulov saat memimpin peserta pelatihan pelatih dan penataran wasit yang digelar Pengprov KBI Jateng.  (suaramerdeka.com / dok KBI Jateng)
Tokhir Marasulov saat memimpin peserta pelatihan pelatih dan penataran wasit yang digelar Pengprov KBI Jateng. (suaramerdeka.com / dok KBI Jateng)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pengprov Kick Boxing Indonesia (KBI) Jateng menggelar coaching clinic (pelatihan pelatih) dan penataran wasit selama dua hari, 10 – 11 September lalu di Hotel Gets Semarang.

Sebanyak 34 pelatih dan wasit dari Klaten, Kendal, Semarang, Cilacap, Pekalongan, Rembang, Salatiga, Batang, Magelang, Surakarta dan lainnya ambil bagian dalam acara ini.

Secara khusus, coaching clinic ini digelar Pengprov KBI sebagai persyaratan untuk mengikuti program sertifikasi pelatih nasional yang rencananya digelar bulan depan di Jakarta.

Baca Juga: Jadi Google Doodle Hari Ini, Intip Sejarah Singkat Mangkuk Ayam Jago yang Ikonik di Indonesia

Pemateri pelatihan pelatih dan penataran wasit ini diisi Tokhir Marasulov, pelatih asing asal Kyrgyzstan yang menangani tim pelatnas Kick Boxing Indonesia, dan pelatih PP KBI Zuli Silawanto.

"Secara khusus kami memang harus mempersiapkan diri untuk memberi bekal kepada para pelatih sebelum merekja mengikuti sertifikasi nasional. Mereka mendapat materi peragaan teknik dan pembahasan peraturan pertandingan, kata Ketua Umum Pengprov KBI Jateng, Eko Firli.

Menurut Firli, program pemantapan pelatih dan wasit ini sangat penting, karena kedua elemen pembinaan ini menjadi kunci pengembangan dan peningkatan prestasi atlet di Jateng.

Baca Juga: Intai Asmara Zodiak Hari Ini 12 September 2022: Pertemuan Bergairah Leo-Cancer, Romantis Virgo Mengejutkan!

Dikatakan, selama ini anggapan masyarakat olahraga selalu menyebutkan pelatih tugasnya untuk mencetak atlet, sementara wasit – juri untuk memimpin pertandingan.

Padahal, kedua sektor itu menjadi penting saling terkait untuk mencapai prestasi maksimal seorang atlet.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Squash Semarang Butuh Venue Terstandar untuk Berlatih

Jumat, 25 November 2022 | 05:40 WIB

Catur Jateng Optimistis Bersaing Porwanas 2022

Sabtu, 19 November 2022 | 20:14 WIB
X