PON XX dan Peparnas XVI Papua Gunakan Sistem Bubble, Begini Penjelasan Menpora

- Rabu, 14 Juli 2021 | 09:00 WIB
Menpora Zainudin Amali memimpin rapat persiapan penyelenggaraan PON Papua secara virtual dari Kemenpora Jakarta.(Rayki/Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali memimpin rapat persiapan penyelenggaraan PON Papua secara virtual dari Kemenpora Jakarta.(Rayki/Kemenpora)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua Oktober dan November mendatang akan menerapkan sistem gelembung atau bubble yang sangat ketat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan, Indonesia akan menerapkan sistem yang digunakan pada pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang digelar pada bulan ini.

“Saya kira kita akan melakukan aturan yang sangat ketat. Ada satu yang berada di depan kita pelaksanaan Olimpiade Tokyo, itu akan kita lihat betul bagaimana kita belajar dari situ, karena mereka menerapkan sistem bubble,” ujarnya dalam keterangan pers, usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), melalui konferensi video, Selasa (13/07/2021).

Baca Juga: Jersey Kandang Terbaru Inter Milan Dirilis, Pakai Motif Sisik Ular

Menpora menyebut, dengan sistem bubble tersebut, semua pihak terkait akan dijaga untuk hanya melakukan aktivitas yang terkait dengan penyelenggaraan PON dan Peparnas.

“Jadi sistem bubble itu maksudnya hanya dari penginapan ke tempat pertandingan, tempat pertandingan kembali ke penginapan,” ujarnya.

Ditambahkan Zainudin, pihaknya sudah punya pengalaman terkait penerapan protokol kesehatan dalam gelaran olahraga sepak bola dan bola basket.

“Kami sudah berpengalaman, walaupun itu single event ya, di sepak bola dan bola basket dan sukses kita. Sistem bubble saya kira sistem yang aman buat kira dan kita jaga agar tidak ke sana kemari,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Harian Nasional Pecah Rekor Lagi, Nyaris Tembus 48 Ribu

Lebih lanjut Menpora mengatakan, seluruh kontingen yang akan mengikuti PON XX dan Peparnas XVI ini sudah divaksinasi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Squash Semarang Butuh Venue Terstandar untuk Berlatih

Jumat, 25 November 2022 | 05:40 WIB

Catur Jateng Optimistis Bersaing Porwanas 2022

Sabtu, 19 November 2022 | 20:14 WIB

Wartawan Berperan Pada Pembangunan Olahraga

Minggu, 13 November 2022 | 21:47 WIB

Kota Semarang Bersiap Menghadapi Pornas Korpri

Jumat, 11 November 2022 | 20:31 WIB

Atlet Panjat Tebing Semarang Diminta Konsisten

Jumat, 11 November 2022 | 18:34 WIB

Pelari Borobudur Marathon 2022 Mulai Berdatangan

Kamis, 10 November 2022 | 20:49 WIB
X