Indonesia Peringkat Tujuh Asian Youth Paragames

Andika
- Kamis, 14 Desember 2017 | 18:38 WIB
EMAS BULUTANGKIS: Pebulutangkis NPC Indonesia Hikmat Ramdani (kiri) dan Khalimatus Sadiyah meraih medali emas pada Asian Youth Paragames di Dubai yang berakhir Rabu (13/12) malam. (suaramerdeka.com / dok)
EMAS BULUTANGKIS: Pebulutangkis NPC Indonesia Hikmat Ramdani (kiri) dan Khalimatus Sadiyah meraih medali emas pada Asian Youth Paragames di Dubai yang berakhir Rabu (13/12) malam. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com- Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menempati peringkat tujuh pada Asian Youth Paragames 2017 di Dubai, yang berakhir Rabu (13/12) malam. Tim Merah Putih akhirnya mengemas total 16 medali emas, tujuh perak dan lima perunggu.

"Alhamdulillah, dengan semangat juang tinggi para atlet Indonesia mampu merebut 16 emas. Raihan itu cukup bagus, mengingat kami bisa mengalahkan beberapa negara lain yang jumlah atletnya lebih banyak," kata Chief de Mission (Komandan Kontingen) Sapta Kunta Purnama melalui pesan singkat seluler dari Dubai, Kamis (14/12).

Tim Jepang menjadi juara umum dengan raihan 43 emas, 29 perak dan 26 perunggu. Peringkat dua ditempati Iran (39 emas, 44 perak dan 25 perunggu), serta disusul Tiongkok (27 emas, sembilan perak dan lima perunggu).

Secara keseluruhan terdapat 252 emas yang diperebutkan 30 negara dalam pesta olahraga difabel yunior se-Asia yang menggelar tujuh cabang olahraga itu. "Indonesia turut bersaing dalam lima cabang, yakni atletik, bulutangkis, renang, angkat berat dan tenis meja. Seluruhnya mendapatkan medali," ungkap Sapta.

Secara lebih rinci, dosen Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP UNS Surakarta tersebut menjelaskan, tenis meja meraih lima emas, dua perak dan satu perunggu. Lalu renang empat emas dan empat perak. Bulutangkis empat emas, satu perak dan dua perunggu. Atletik tiga emas, dua perak dan satu perunggu, serta angkat berat sekeping perak. "Seluruh emas renang diraih Syuci Indriani yang turun di kelas S14,’’ tuturnya.

Lima emas tenis meja diraih Hana Resti (tunggal putri TT9), Banyu Tri Mulyo (tunggal putra TT10), Jason Georly (tunggal putra TT9), tim putra TT9-10 (Banyu/Jason) dan tim putri TT9-10 (Hana/Sella Dwi Radayana). Gelar juara bulutangkis digenggam Khalimatus Sadiyah (tunggal putri SL4), Hikmat Ramdani (tunggal putra SU5), duet Khalimatus/Hikmat di kelas ganda SL3-SU5, serta ganda putra SU5 Dheva Anrimusthi/Arya Sadewa.

Sementara peraih emas atletik adalah Karisma Evi Tiarani (100 meter T42), Sholikatun (200 meter T42) dan Figu Saputra (400 meter T47). "Bersyukur saya dapat emas, karena sebenarnya sedang demam dan batuk saat lomba," kata Evi.

Editor: Andika

Terkini

X