Kementerian PUPR Serahkan Pengelolaan 4 Venue PON XX kepada Pemprov Papua

Ant
- Kamis, 10 Juni 2021 | 16:48 WIB
PON XX Papua/Foto Istimewa
PON XX Papua/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengelolaan empat arena olahraga (venue) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diserahkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Serah terima pengelolaan dilakukan sebagai upaya Kementerian PUPR agar venue yang telah selesai dibangun dapat segera dimanfaatkan dalam mendukung penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021.

"Saya menitipkan pesan kepada rekan-rekan Pemprov Papua untuk menjaga, merawat, dan mengelola seluruh aset yang telah diserahterimakan ini dengan sebaik-baiknya," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Venue yang telah diserahterimakan dapat dimanfaatkan sebagai sarana latihan atlet Papua sebelum penyelenggaraan PON berlangsung.

Baca Juga: Bertahun-tahun Hidup di Kuburan, Bantuan Mengalir untuk Pembangunan Rumah Saliman

Setelah PON selesai, venue juga dapat digunakan untuk kegiatan turnamen olahraga, baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Apabila pandemi COVID-19 telah usai, dengan kapasitasnya yang sangat memadai, Istora Papua Bangkit juga dapat dipakai untuk menggelar event konser musik. Sehingga harapannya, seluruh infrastruktur yang telah dibangun tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan prestasi atlet Papua, tetapi juga mendorong geliat ekonomi di Bumi Cenderawasih," katanya.

Keempat arena olahraga yang diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, Kamis yakni akuatik dan Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, serta venue kriket dan hoki (indoor dan outdoor) di Kompleks Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Pembangunan prasarana olahraga sebagai dukungan penyelenggaraan PON Papua merujuk Instruksi Presiden No 10 Tahun 2017. Ditjen Cipta Karya pada Desember 2018 mulai membangun arena akuatik dengan biaya Rp401 miliar.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTR Alpha Susul Evos Legends Renbo Jadi Hyper

Rabu, 9 Juni 2021 | 17:45 WIB

Kesuksesan IBL Bisa Jadi Contoh Cabor Lain

Rabu, 9 Juni 2021 | 11:36 WIB

FIBA Asia Cup Terapkan Model Prokes IBL

Selasa, 8 Juni 2021 | 21:30 WIB

Wushu PON Manfaatkan Uji Coba di Jakarta

Selasa, 8 Juni 2021 | 21:14 WIB

Perkembangan Klub Dansa Dipacu Raih Prestasi

Senin, 7 Juni 2021 | 18:58 WIB

Satria Muda Pertamina Juara IBL Pertamax 2021

Senin, 7 Juni 2021 | 10:25 WIB

Petinju PON Rencanakan TC di Luar Jateng

Minggu, 6 Juni 2021 | 18:26 WIB
X