FIBA Asia Cup Terapkan Model Prokes IBL

- Selasa, 8 Juni 2021 | 21:30 WIB
BEREBUT BOLA: Pemain Pelita Jaya dan Satria Muda berebut bola dalam Final IBL Pertamax 2021. (suaramerdeka.com / dok)
BEREBUT BOLA: Pemain Pelita Jaya dan Satria Muda berebut bola dalam Final IBL Pertamax 2021. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kesuksesan pelaksanaan kompetisi basket Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2021 menambah semangat dan kepercayaan diri Panitia Pelaksana (Panpel) FIBA Asia Cup 2021 bisa melakukan hal yang sama dalam kejuaraan bola basket elite antarnegara Asia ini.

Pelaksanaan IBL mendapatkan pujian sejumlah tokoh di Tanah Air seperti Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menpora hadir pada game pertama, sementara yang lainnya menonton di game ketiga Final IBL 2021.

"Apresiasi dari berbagai pihak kepada IBL membuat kita yakin bisa menerapkan model serupa yang mengedepankan protokol kesehatan ketat di FIBA Asia Cup, dengan beberapa penyesuaian sesuai arahan dari FIBA," kata Ketua Panpel FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah, yang juga menjabat sebagai Direktur IBL.

Baca Juga: Program Vaksinasi di Indonesia Dapat Pujian dari WHO

Pada fase pertama, IBL menggunakan sistem bubble (gelembung) yang tertutup dari pihak luar. Seluruh pemain, ofisial, dan panpel harus melalui tes PCR berkala.

Selain tanpa penonton, awak media pun tidak bisa datang melakukan peliputan. Namun pihak IBL memfasilitasi peliputan jarak jauh dengan menyediakan materi statistik, wawancara jarak jauh secara virtual.

Namun pada fase kedua, peliputan sudah bisa dilakukan, tapi dengan sejumlah syarat ketat dan pembatasan. Sementara kerabat dekat para pemain juga bisa menyaksikan pertandingan dari bangku penonton dalam jumlah terbatas dan sebelumnya harus melewati protokol kesehatan ketat.

Baca Juga: PON 2021 Papua: Kemenkes Persiapkan Prokes dan Tim Kesehatan Khusus

Model fase kedua berpeluang bisa diterapkan di FIBA Asia Cup 2021, di mana wartawan bisa meliput langsung kegiatan dan penonton diizinkan menyaksikan pertandingan dalam jumlah terbatas di Istora, Senayan, Jakarta.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah, Tiga Pemain Asing Ini Resmi Jadi WNI

Senin, 19 Juli 2021 | 16:10 WIB

DPR Setujui Naturalisasi Tiga Pemain Basket WNA

Kamis, 15 Juli 2021 | 10:48 WIB

Kesuksesan IBL Bisa Jadi Contoh Cabor Lain

Rabu, 9 Juni 2021 | 11:36 WIB

FIBA Asia Cup Terapkan Model Prokes IBL

Selasa, 8 Juni 2021 | 21:30 WIB
X