PON 2021 Papua: Kemenkes Persiapkan Prokes dan Tim Kesehatan Khusus

Ant
- Selasa, 8 Juni 2021 | 20:15 WIB
PON XX Papua/Foto Istimewa
PON XX Papua/Foto Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempersiapkan protokol kesehatan (prokes) beserta tim kesehatan khusus untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober.

Kepala Seksi Kesehatan Olahraga Prestasi Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes dr. Harry Papilaya mengatakan pihaknya telah mengadakan pelatihan tim kesehatan guna mengawal jalannya PON Papua.

“Pada Juni dan Juli sudah ada kegiatan pelatihan SDM kesehatan untuk mengawal kegiatan PON. Tim kesehatan khusus yang sudah terlatih,” kata Harry usai rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: UPDATE: 35 Warga Pemalang Positif Covid-19

Selain tim kesehatan khusus, ia menjelaskan Kemenkes juga telah menjalankan beberapa program untuk PON Papua, di antaranya vaksinasi atlet dan masyarakat Papua serta penyusunan panduan protokol kesehatan.

“Vaksinasi di Papua sudah sesuai standar dan sudah masuk tahap keempat untuk masyarakat umum,” ungkap Harry.

Selain prokes, Kemenkes dan PB PON sudah menyusun beberapa panduan yang disesuaikan dengan lokasi pertandingan dan masing-masing cabang olahraga.

Baca Juga: Pemkab Percepat Pembangunan Pasar Sementara Weleri I di Terminal Bahurekso

Terkait protokol kedatangan peserta PON ke Papua, Kemenkes telah menetapkan para atlet dan ofisial hanya akan diwajibkan menjalani tes swab antigen tanpa kewajiban karantina, sesuai dengan surat edaran tentang perpindahan penduduk antarpulau selama pandemi COVID-19.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bagus-Angga Juara Turnamen Enjoy Cup 8 dan Thomas 1

Jumat, 24 September 2021 | 13:06 WIB

Eksebisi PON XX Papua: Kick Boxing Jateng Tunjukkan Taji

Jumat, 24 September 2021 | 10:48 WIB

Tangis Haru Warnai Pelepasan Muaythai ke PON

Minggu, 19 September 2021 | 21:25 WIB
X