RK Sebut Penerapan Protokol Kesehatan di TPS Cukup Baik

- Rabu, 9 Desember 2020 | 18:43 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat pemungutan suara selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah masa adaptasi kebiasaan baru Covid-19. Saat hari pemilihan, dia bersama rombongan melakukan pengecekan di dua TPS di Kabupaten Bandung. 

"Prosedurnya sudah baik, mulai tes suhu, penggunaan face shield untuk menguatkan protokol hingga pemberian sarung tangan plastik," katanya usai mengecek pelaksanaan Pilkada di Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (9/12).

Menurut dia, upaya tersebut diharapkan memberikan rasa aman dan nyaman pemilih termasuk untuk mencegah klaster Pilkada. Tak hanya itu, sebelumnya, pihaknya sudah menyosialisasikan panduan dalam penerapan protokol kesehatan untuk hajatan demokrasi tersebut.

Baca Juga: Forkopimda Apresiasi Penerapan Prokes di TPS Pilkada

Panduan tersebuti antaranya pembatasan jumlah pemilih maksimal 500 pemilih per TPS, memakai masker, jaga jarak, tinta tetes, cek suhu tubuh, membawa alat tulis sendiri, pengaturan kedatangan, pelindung wajah, mencuci tangan, disinfeksi TPS, tidak bersalaman, sarung tangan, tisu kering, hingga bilik khusus.

“Seluruhnya ada 15 protokol kesehatan dari mulai disinfeksi tempat pemungutan, kemudian ada TPS khusus buat yang panas atau suhunya berbeda. Jadi, demokrasinya tidak kita kurangi tapi dipisahkan dengan kelompok yang secara umum,” katanya.

Baca Juga: Bawaslu RI: Ketika Menang, Jangan Euforia!

Dalam pantauan di dua TPS, petugas pemungutan menerapkan protokol tersebut. Demikian pula dengan pemilih, mereka menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Sebagian di antaranya sengaja melengkapi diri dengan sarung tangan dan membawa alat tulis sendiri.

Selain Kabupaten Bandung, Pilkada Serentak di Jabar juga digelar di Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Cianjur, Karawang, Indramayu, Sukabumi, dan Kota Depok.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Kenangan Bersama Pak Korea, Legenda Basket Jateng

Selasa, 30 November 2021 | 20:54 WIB
X