Pandemi Covid-19, KPU Demak Siapkan 58 TPS Mobile

- Minggu, 6 Desember 2020 | 21:04 WIB
Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama mengecek kelengkapan petugas yang akan ditugaskan pengamanan TPS pada pilbup 2020, kemarin.
Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama mengecek kelengkapan petugas yang akan ditugaskan pengamanan TPS pada pilbup 2020, kemarin.

DEMAK, suaramerdeka.com - Menjelang pelaksanaan pencoblosan pemilihan pasangan calon bupati dan wakil bupati Demak yang akan berlangsung pada Rabu (9/12), KPU Kabupaten Demak menyatakan telah menyiapkan seluruh sarana dan kebutuhan penunjang.

Selain memastikan keiapan 2.206 TPS yang berada di 249 desa dan kelurahan, juga menyiapkan 58 TPS mobile yang diperuntukan bagi pemilih yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit atau yang sedang menjalani proses hukum di tahanan polres maupun polsek di Demak.

Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi mengatakan, TPS mobile melekat pada TPS yang terdekat dengan lokasi rumah sakit, puskesmas rawat inap dan mapolsek. Mereka akan bergerak melayani proses pencoblosan di tempat tersebut mulai pukul 12.00 atau setelah proses pencoblosan di TPS utama selesai.

"TPS mobile ini untuk membantu warga yang sedang mengalami kendala karena sakit dan rawat inap, termasuk mereka yang sedang menjalani karantina karena covid-19 serta warga yang berada di tahanan agar tidak kehilangan hak suaranya," terangnya sembari mengatakan, semua logistik pilbup telah didistribusikan ke PPK untuk selenjutnya dikirim ke desa.

Bambang Setya Budi menambahkan, semua tahapan proses pilbup 2020 menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Seluruh personel penyelenggara pilkada dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), juga warga yang akan menggunakan hak pilih diwajibkan mematuhi prokes.

"Sebelum menggunakan hak pilih, warga akan diberi sarung tangan. Untuk tinta tidak lagi dicelupkan tetapi diteteskan ke jari."

Pihaknya berharap, pada pilkada tahun ini seluruh warga yang memiliki hak pilih dapat menggunakan sebaik mungkin untuk ikut menentukan masa depan Kabupaten Demak. Terdapat 852.886 warga yang terdata dalam daptar pemilih tetap.

Sementara itu Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama menyampaikan, pihaknya menerjunkan lebih dari 500 personel untuk mendukung kelancaran dan ketertiban jalannya pilbup.

Jumlah personel tersebut belum termasuk dari Kodim 0716/Demak yang akan membantu 19.854 petugas TPS. "Karena saat ini masa pandemi, maka kami melakukan berbagai langkah untuk memastikan anggota yang bertugas dalam pengamanan di TPS tidak terpapar," katanya.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

Sembilan Mahasiswa USM Perkuat Kontingen PON XX di Papua

Sabtu, 25 September 2021 | 16:13 WIB

Bagus-Angga Juara Turnamen Enjoy Cup 8 dan Thomas 1

Jumat, 24 September 2021 | 13:06 WIB

Eksebisi PON XX Papua: Kick Boxing Jateng Tunjukkan Taji

Jumat, 24 September 2021 | 10:48 WIB
X