Video Singkong Keju Salatiga Terbaik Kedua Nasional

Achmad Rifki
- Kamis, 3 Desember 2020 | 21:43 WIB
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Salatiga, Valentino T Haribowo memberi arahan kepada para peserta food clinic di kantor dinas setempat
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Salatiga, Valentino T Haribowo memberi arahan kepada para peserta food clinic di kantor dinas setempat

SALATIGA, suaramerdeka.com - Video dengan judul "Singkong Keju Salatiga Menembus Pasar Dunia" dinyatakan terbaik kedua nasional  dalam lomba yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Video tersebut dilombakan sebagai konsekuensi ditetapkannya Salatiga bersama 12 kabupaten atau kota lain di Indonesia sebagai kota kreatif subsektor kuliner.

Video berdurasi sekitar enam menit itu mengambil latar belakang dusun Ngaglik Kelurahan  Ledok  Argomulyo Salatiga yang merupakan sentra olahan singkong seperti D-9, Gethuk Kethek, dan lainnya. Video ini dinyatakan terbaik kedua di bawah video kuliner lain dari Sidoarjo. Posisi ketiga hingga kelima  diraih Palembang, Banjarnegara, dan Grobogan.  

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Salatiga, Valentino T Haribowo mengatakan, sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Ekraf atas prestasi itu, Salatiga mendapatkan penghargaan berupa peningkatan kapasitas bagi para pelaku ekonomi kreatif. Peningkatan itu berupa pelatihan singkat pengembangan kuliner bertajuk "Food Clinic".

"Food clinic ini dikemas dalam bentuk webinar atau seminar virtual via aplikasi zoom. Para pembicara merupakan para praktisi dan ahli di bidangnya yang diselenggrakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," katanya.

Dalam webinar ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  mengundang  20 orang di Salatiga  yang terdiri atas perwakilan  akademisi, badan usaha kuliner, pelaku ekonomi kreatif , pemerintahan, dan media di kantor dinas tersebut. Webinar dilakukan enam kali pertemuan dan setiap sesi selam dua jam pada 25 November hingga 4 Desember.  

Pelaksanaan webinar ini tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun yang disediakan panitia.

"Kami menyambut baik penghargaan ini dan menangkap peluang untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Salatiga.   Kami berharap para pemangku kepetingan yang kami undang ini bisa bersineregi untuk mendorong kemajuan ekonomi kreatif di Salatiga ini," katanya.

Editor: Achmad Rifki

Terkini

ABTI Jateng Diminta Jaga Tradisi Cetak Pemain Nasional

Selasa, 25 Januari 2022 | 05:45 WIB

Andy Susanto Ketua KBI Salatiga Masa Bakti 2021-2025

Senin, 24 Januari 2022 | 09:15 WIB

Terpilih Aklamasi, Suyantoro Pimpin Inkado Jateng

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:54 WIB

Asiafi Salatiga Seleksi Atlet Senam Aerobik

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:15 WIB

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB

Edy Rahmayadi Jewer Pelatih Biliar, Ini Penyebabnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:11 WIB

KONI Jateng Ingin PON Aceh-Sumut Tetap 2024

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:08 WIB

Manfaat Olahraga Skipping, Ampuh Menaikkan Tinggi Badan?

Minggu, 26 Desember 2021 | 20:24 WIB

One Pride MMA: Abror Dapat Dukungan dari BPR Arto Moro

Sabtu, 25 Desember 2021 | 09:10 WIB
X