Antisipasi Pemilih Positif Covid-19, KPU Jateng Siapkan Baju Hazmat di Setiap TPS

- Selasa, 24 November 2020 | 15:16 WIB
Istimewa
Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - KPU Jateng akan menyiapkan baju hazmat di setiap TPS untuk berjaga-jaga jika ada pemilih yang positif Covid-19.

Ketua KPU Jateng, Yulianto Sudrajat mengatakan hazmat tersebut akan disebar di seluruh tempat Pemungutan Suara (TPS) di 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada.

KPU pun juga telah mengatur skenario coblosan saat pandemi. Seperti mengecek suhu tubuh pemilih sebelum masuk TPS, wajib masker, menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, hingga mengatur agar tidak terjadi kerumunan.

Baca Juga: Arnaz : Jangan Berkerumun di TPS

Baca Juga: Ribuan Hazmat Produksi Pelatihan Disnaker Disumbangkan

Nantinya jadwal kedatangan pemilih juga akan diatur agar tidak terjadi kerumunan di TPS. Begitu pula jumlah bilik suara yang akan diperbanyak untuk menghindari antrean panjang. Dan satu bilik akan khusus bagi pemilik yang mempunyai suhu 37 derajat lebih.

“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 saat pemungutan suara,” katanya, belum lama ini.

Untuk mematangkan pelaksanaan pencoblosan, KPU juga sudah melakukan simulasi di Magelang beberapa waktu lalu. Simulasi coblosan tersebut melibatkan 40 pemilih.

“Ini untuk melihat bagaimana berjalannya protokol kesehatan. Seperti mengatur jadwal kedatangan pemilih, menghadapi pemilih yang tidak pakai masker kemudian ngeyel, dan lain-lain. Ada juga yang pingsan saat di TPS. Ini agar nanti di hari H bisa menanganinya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X