KPUD dan Forkopimda Diminta Segera Simulasi Pencoblosan

- Senin, 23 November 2020 | 21:40 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Forum Koordibnasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diminta segera gelar simulasi pencoblosan. Serta pengecekan penerapan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Permintaan itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

"Nah, mudah-mudahan KPUD segera melaksanakan simulasi bersama Forkopimda, sehingga siapa berbuat apa itu betul-betul bisa diketahui oleh para penyelenggara tempat pemungutan suara," kata Tito dalam rapat di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (23/11).

Tito berharap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah bisa mengoordinasikan settingan prosedur pemungutan suara sebelum hari pemungutan suara Pilkada 2020. Seperti cara masuk ke TPS, perlengkapan untuk pemilih, penyelenggara, pengamanan, dan pengawasan.

Selain itu, Tito mengingatkan soal pengaturan waktu yang dinilai membutuhkan peranan dan perhatian khusus dari KPPS. Upaya itu agar proses pemilihan berlangsung aman, tertib, dan menaati protokol kesehatan serta diperhatikan bebas dari kerumunan.

"Termasuk di antaranya yang paling penting sekali yang perlu diketahui kita bersama adalah pengaturan jam. Pengaturan jam, kalau dulu tidak. Semua yang datang, siapa yang datang dilayani, first in first serve. Nah sekarang tidak, itu kalau begitu akan terjadi pengumpulan. Jadi yang kuncinya adalah pada KPPS,” ujarnya.

Tito juga mengingatkan soal metode pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada 2020 untuk pemilih lanjut usia (lansia) dan komorbid (menderita penyakit bawaan) agar mereka diberikan perlakuan khusus. Seperti difasilitasi dan sebagainya.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Asiafi Salatiga Seleksi Atlet Senam Aerobik

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:15 WIB

Menpora Puas Dengan Prokes IBL 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:02 WIB

Pemain Siap Tempur, Satya Wacana Siap Bersaing di IBL

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB
X