Posyandu, Edukasi Ibu dan Balita Patuhi Prokes

Achmad Rifki
- Minggu, 8 November 2020 | 19:35 WIB
Petugas Kesehatan dari Puskesmas Karangawen mengukur tinggi badan balita dalam pelayanan Posyandu
Petugas Kesehatan dari Puskesmas Karangawen mengukur tinggi badan balita dalam pelayanan Posyandu

DEMAK, suaramerdeka.com - Kegiatan Posyandu dimanfaatkan menjadi sarana efektif untuk mengedukasi masyarakat agar mentaati disiplin protokol kesehatan, utamanya terhadap ibu rumah tangga dan anak-anak.

Seperti saat berlangung posyandu di Dukuh Ngiri Desa/Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, petugas kesehatan melayani warga dengan menerapkan protokol kesehatan. Mereka pun mengedukasi warga untuk mematuhi ketentuan protokol kesehatan, mulai dari pakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menajaga jarak.

Petugas juga menyediakan masker yang diberikan secara gratis kepada ibu-ibu dan anak-anak yang datang.

Babinsa Koramil 13/Karangawen jajaran Kodim 0716/Demak Serma Jamaah yang turut serta memantau pelayanan posyandu membantu mengedukasi warga, terkait pentingnya membiasakan pola hidup baru dengan protokol kesehatan.

Semua tahapan di posyandu, baik berupa pemberian imunisasi, penimbangan berat badan, serta pengukuran tinggi badan kepada balita dilakukan dengan prokes.

Serma Jamaah menuturkan, edukasi prokes kepada ibu-ibu dan anak-anak harus dilakukan secara terus menerus. Dia berharap langkah tersebut dapat merubah budaya atau kebiasaan baru di tengah masyarakat sehingga bisa tetap sehat meski berada di masa pandemi covid-19. Apalagi pandemi tersebut belum bisa diprediksi kapan akan berakhir.

"Ibu-ibu memiliki peran sangat penting agar masyarakat terbiasa dengan kebiasaan pola hidup sehat dengan protokol kesehatan. Jika dalam keluarga terbiasa menerapkan hal ini, maka akan membudaya di lingkungan masyarakat yang lebih luas," kata Serma Jamaah.

Salah seorang warga peserta Posyandu, Sriyatun mengakui sudah mengetahui penringnya protokol kesehatan. Sehingga, dia bersama keluarga juga menerapkan dalam kehdiupan sehari-hari. Di antaranya dengan menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah, serta memakai masker saat keluar rumah.

"Tadinya kami memang ragu untuk mematuhi prokes, tetapi setelah mendapat penjelasan petugas kesehataan di Posyandu, kami menyadari pentingnya menjalankan 3M agar keluarga sehat," katanya.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Terkini

Menpora Puas Dengan Prokes IBL 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:02 WIB

Pemain Siap Tempur, Satya Wacana Siap Bersaing di IBL

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB

Edy Rahmayadi Jewer Pelatih Biliar, Ini Penyebabnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:11 WIB

KONI Jateng Ingin PON Aceh-Sumut Tetap 2024

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:08 WIB
X