Bendera Merah Putih Tak Berkibar Saat Indonesia Juara Piala Thomas, Mantan Pemain Menyayangkan

- Senin, 18 Oktober 2021 | 11:24 WIB
Tim Thomas ndonesia. (Instagram @badmintonINA)
Tim Thomas ndonesia. (Instagram @badmintonINA)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Euforia kesuksesan tim bulutangkis putra Indonesia meraih Piala Thomas 2020 di Aarhus, Denmark, Minggu malam, terasa hambar dengan tidak berkibarnya Bendera Merah Putih.

Alasan tidak berkibarnya bendera Merah Putih saat Indonesia juara PIala Thomas ialah karena terkena sanksi WADA (Badan Antidoping Dunia).

Sebagai ganti bendera PBSI dikibarkan bersamaan dengan berkumandangnya lagu Indonesia Raya sehingga kondisi di Piala Thomas kali ini disayangkan para mantan pebulu tangkis tanah air.

"Ironis, pada saat merayakan kemenangan Thomas Cup, Merah Putih tidak bisa berkibar, memalukan," ujar mantan pemain ganda putra nasional Candra Wijaya di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga: Umrah untuk Indonesia Kembali Dibuka, Hal-hal Ini Masih Jadi Kendala

Candra, juara Olimpiade Sydney 2000 berpasangan dengan Tony Gunawan, adalah salah satu pemain yang ikut menjuarai Piala Thomas pada 2002, terakhir kali Indonesia memenangi kejuaraan dunia beregu putra tersebut.

Hal senada juga disampaikan juara Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat yang menyayangkan tidak bisa dikibarkannya Merah Putih di Ceres Arena, Denmark.

"Sangat disayangkan, rasanya seperti makan kurang garam. Biasanya kan Merah Putih dikibarkan bersamaan dengan lagu Indonesia Raya," kata Taufik yang memuji para atlet dan ofisial tidak terpengaruh oleh kondisi tersebut dan tetap fokus bertanding.

"Saya yakin mereka sudah tahu kondisi ini, tetapi bagus mereka tidak terpengaruh. Biar masalah ini negara yang mikirin," ujar Taufik yang menyebutkan bahwa bendera kebangsaan hanya dikibarkan di luar negeri pada saat kedatangan presiden atau ada atlet yang juara.

Baca Juga: Tak Kalah dari Jahe, Ini 3 Manfaat Rebusan Kayu Manis bagi Tubuh

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Debora Mahasiswi USM Juarai Tunggal Putri UM Open

Sabtu, 25 Desember 2021 | 16:13 WIB

Indonesia Resmi Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:36 WIB
X