KPU Jateng Umumkan DPS, 16 Ribu Lebih Pemilih Bakal Salurkan Hak Pilih

- Kamis, 17 September 2020 | 10:40 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), di mana tercatat ada 16.262.906 pemilih di 21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang.

Divisi Data dan Informasi Paulus Widiyanto menyatakan, pengumuman ini disampaikan untuk mendapatkan tanggapan masyarakat agar dapat dilakukan perbaikan. Tanggapan masyarakat atas DPS yang telah diumumkan KPU tersebut ditunggu, mulai 19 – 28 September 2020.

“Saat ini kami sedang melakukan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) juga telah melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) dari 15 Juli sampai 13 Agustus 2020 lalu,” kata Paulus di Semarang, Kamis (17/9).

PPDP melakukan coklit secara door to door untuk mencocokan data pemilih dan mencatat pemilih baru yang belum tercatat serta mencoret pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat. Dalam melaksanakan coklit menurut Paulus, PPDP menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Hasil Coklit oleh PPDP yang kemudian disebut dengan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) disusun oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan dilakukan Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat desa/kelurahan yang dilaksanakan antara 30 Agustus sampai dengan 1 September 2020 di 5.216 desa/ kelurahan.

Baca juga: Ketua KPU: 28 Daerah Calon Tunggal, Waspada Covid-19 Saat Pendaftaran

Hasil pleno tersebut kemudian disampaikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk kembali dilakukan Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat kecamatan di 343 kecamatan antara 2 sampai dengan 4 September 2020.

Selanjutnya 21 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) antara 5 sampai dengan 14 September 2020 melalui Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat kabupaten/ kota berdasarkan hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran tingkat kecamatan.

Untuk mensukseskan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih sementara serta meningkatkan kesadaran pemilih di masa coklit, KPU RI melakukan sosialisasi Gerakan Klik Serentak (GKS) pada 15 Juli 2020 dan Gerakan Coklit Serentak (GCS) pada 18 Juli 2020 lalu. Gerakan ini sebagai bentuk dukungan bagi seluruh penyelenggara pemilu dalam memutakhirkan daftar pemilih untuk menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Atlet Perisai Diri UPGRIS Borong Medali

Selasa, 7 Februari 2023 | 15:07 WIB
X