Kepala Kanwil Kemenag Jateng Maksimalkan Komunikasi dengan Tokoh Agama

Maya
- Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:08 WIB
 Kepala Kanwil kemenag Prov. Jateng, Mustain Ahmad (Istimewa)
Kepala Kanwil kemenag Prov. Jateng, Mustain Ahmad (Istimewa)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Konflik yang terjadi di Solo, Sabtu (8/8) kemarin, disebut mencederai kerukunan dan harmoni umat beragama di Indonesia umumnya khususnya yang ada di Jawa tengah. Kepala Kanwil kemenag Prov. Jateng, Mustain mengutuk keras atas insiden tersebut.

"Saya secara pribadi dan sebagai Kepala Kanwil kemenag Prov. Jateng mengutuk keras atas insiden yang terjadi di solo, dengan dalih dan alasan apapun," tegasnya, Selasa (11/8).

Hal itu pula yang membuat kepala kanwil Kemenag Prov. Jateng memilih melaksanakan tugas di kantor Solo terhitung sejak Minggu (9/8) sampai dengan Selasa (11/8). Serta dalam rangka memastikan dan memantau secara langsung kondisi yang ada di Solo, dengan melakukan koordinasi secara intens dengan pihak-pihak terkait.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan Kapolrestabes Kota Surakarta bapak Andi Rifai untuk memberikan support dan dukungan kepada jajaran Polrestabes Surakarta untuk bisa mengambil langkah-langkah tegas kepada siapapun yang ikut terlibat dalam insiden kemarin," ungkapnya.

Ka Kanwil juga melakukan koordinasi dengan FKUB Kota Surakarta yang sekaligus ketua MUI agar memaksimalkan komunikasi dengan tokoh agama dan tokoh lintas agama agar kondusifitas beragama yang selama ini sudah berjalan dengan bisa terjaga. Masih menurut Mustain, agama islam memiliki lintasan sejarah besar yang membuktikan kalau agama islam adalah agama yang mengedepan nilai-nilai kerukunan dan perdamaian dengan menghargai perbedaan di tengah masyarakat.

“Negara kita yang terkenal sebagai Negara yang guyup rukun harus terus dijaga dan jangan dicoreng oleh perilaku kelompok tertentu yang mengatasnamakan agama, islam harus betul hadir sebagai bangunan ukhuwah islamiyyah bahkan ukhuwah wathoniyah dan harus terus disemai sehingga menjadi modal kehidupan antar masyarakat  bisa hidup damai dan rukun” tandasnya.

Editor: Maya

Terkini

Porvit Kudus dan Vita Solo Terbaik Kejurprov U-17

Minggu, 28 November 2021 | 12:22 WIB

8.008 Pelari Siap Ramaikan Borobudur Marathon 2021

Jumat, 26 November 2021 | 21:43 WIB

KONI Kota Semarang Raih ISO 9001

Jumat, 26 November 2021 | 00:13 WIB
X