Menpora: PON Harus Jadi Ajang 'Talent Scouting' atau Pencarian Bakat Atlet

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 19:29 WIB
Menpora Zainudin Amali (suaramerdeka.com/dok)
Menpora Zainudin Amali (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa gelaran pekan olahraga nasional atau PON Papua 2021 menjadi ajang ‘talent scouting’ (pencarian bakat) bagi atlet-atlet muda untuk menjadi atlet nasional.

“PON ini menjadi ajang 'talent scouting', kita akan melihat agar atlet-atlet atau bibit terpantau disini. Misalnya panjat tebing, ada yang sering juara selama ini, tapi bisa dikalahkan dari yang baru-baru,” kata Menpora dalam diskusi daring PON Papua  2021 di Jakarta, Rabu, 6 Oktober 2021.

Menpora berharap gelaran olahraga terbesar di tanah air ini tak hanya agenda empat tahunan semata, tetapi harus menjadi wadah pemantauan atlet yang akan didorong menjadi pemain nasional ke depannya.

Baca Juga: Bangun Kesadaran Bersama di Tengah Pandemi, Ciptakan Ketahanan Nasional yang Tangguh

“Kita berharap seperti yang disampaikan PWI tadi, PON bukan hanya agenda empat tahunan tetapi dia harus diletakkan sebagai memantau talenta bibit yang kita akan dorong ke Timnas (tim nasional),” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Dia melanjutkan bahwa PON ini diharapkan menjadi salah satu ajang untuk menyukseskan tujuan dari desain olahraga nasional (DBON).

Desain olahraga ini merupakan dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang memiliki visi-misi “Mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul dan Berprestasi Dunia”.

Baca Juga: Ini Jadwal Migrasi TV Analog ke TV Digital di Jawa Tengah

Hal itu telah termaktub dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Olahraga Nasional atau DBON.

“Setelah PON dan Peparnas kita akan mensosialisasikan, saya minta tolong kepada PWI untuk kita jalan sama-sama untuk menyukseskan desain olahraga nasional ini,” kata dia.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB

Edy Rahmayadi Jewer Pelatih Biliar, Ini Penyebabnya

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:11 WIB

KONI Jateng Ingin PON Aceh-Sumut Tetap 2024

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:08 WIB

Manfaat Olahraga Skipping, Ampuh Menaikkan Tinggi Badan?

Minggu, 26 Desember 2021 | 20:24 WIB

Kejuaraan Pencak Silat AUB Cup: USM Sabet 3 Medali

Kamis, 23 Desember 2021 | 10:36 WIB

Kejurprov Kickboxing Jateng Jaring Atlet Potensial

Minggu, 19 Desember 2021 | 10:28 WIB
X