PON XX Papua Tinggal Menghitung Hari, Seluruh Persiapan Sudah Berjalan Lancar

- Kamis, 30 September 2021 | 08:36 WIB
PON XX (foto: Kominfo.go.id)
PON XX (foto: Kominfo.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah memastikan seluruh persiapan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah berjalan lancar dan perhelatan pesta olahraga terbesar nasional itu siap dilaksanakan.

Kesiapan pergelaran PON XX Papua disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menggelar Rapat Tingkat Menteri (RTM) secara virtual bersama menteri dan kepala lembaga terkait.

Persiapan Penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, menjadi tema utama dalam rapat itu.

“RTM yang dilakukan ini bertujuan mengkonfirmasi kembali dan memastikan seluruh dukungan kementerian dan lembaga terhadap penyelenggaraan PON dan Peparnas Papua 2021, khususnya pada bidang kesehatan terkait Covid-19, antisipasi gangguan keamanan, dan persiapan dukungan penyelenggaraan seperti transportasi, akomodasi, dan telekomunikasi semua berjalan seperti yang diharapkan,” ujar Menko PMK.

Baca Juga: Pemerintah Terus Dorong PTM, Kurangi Potensi Learning Loss dan Memburuknya Psikis Anak

Muhadjir menegaskan bahwa seluruh K/L sudah menindaklanjuti dan menyelesaikan amanat yang tercantum dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Kemudian, Inpres Nomor 1 Tahun 2020 tentang Percepatan Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua, dan Inpres Nomor 4 Tahun 2021 tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua.

Dari aspek keamanan, kata Menko PMK perlu antisipasi terjadinya kerumunan penonton khusus pada pertandingan tim tuan rumah.

Di samping itu juga perlu dilakukan pengamanan infrastruktur dan pengamanan konten informasi.

Baca Juga: Pemerintah Terus Dorong PTM, Kurangi Potensi Learning Loss dan Memburuknya Psikis Anak

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X